Jokowi Unggul, Prabowo Menempel

141
Prabowo Subianto-Joko Widodo. (Muhammad Ali/Jawa Pos))

JAKARTA – Tak kurang dari dua tahun, pesta demokrasi masyarakat Indonesia yakni Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 bakal dihelat bersamaan. Suhu poltik pun kian memanas. Pelbagai spekulasi siapa yang bakal menjadi penantang  Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bisa ditebak. Dari ketokohan,  nama Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindara) masih menempel ketat Presiden Jokowi. Keduanya pernah bertarung pada Pilpres 2014 silam.

Pun begitu, munculnya figur-figur baru tak bisa dikesampingkan. Sebut saja putra pertama mantan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhono, yakni  Agus Harimurti Yudhono yang mulai mencuri perhatian masyarakat.  Sejak memutuskan berhenti menjadi prajurit TNI, ia  mantap mengikuti karir  politik sang ayah, Bahkan pada 2017 ia sempat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Silviana Murni, walaupun kandas pada putaran pertama.

Nama  lain yang juga diperbincangkan, yakni  Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Belakangan, mantan Kepala Staf TNI Angakatan Darat itu disebut-sebut memiliki hasrat untuk terjun ke politik. Hal itu tak bisa ditampik jika melihat beberapa manuvernya dalam berbagai kesempatan.

Berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Survei Poltical Marketing Konsulting (Polmark) Indonesia, terhitung sejak 9-20 September yang tersebar di  32 Provinsi di Indonesia terkecuali Papua dan Papua Barat, maka nama Jokowi ada di urutan pertama dan Prabowo Subianto pada posisi kedua berdasarkan  pilihan responden. Survei ini dilakukan terhadap 2.250 responden (50:50) perempuan dan laki-laki  dengan metode multi stage random sampling dengan margin of error +/- 2,1 %.

Direktur Polmark Indonesia Eep Saefullah Fatah mengatakan, sebanyak 41,2 persen masyarakat akan mencoblos Jokowi jika pilpres dilakukan saat ini. Sedangkan Prabowo Subianto akan dicoblos sebanyak 21,0 persen oleh pemilih. Sementara itu, Agus Harimurti Yudhoyono mendapatkan 2,9 persen, dan Gubernur DKI Jakarta yang baru saja dilantik,  Anies Rasyid Baswedan 2,2 persen.

1
2
3
4
BAGIKAN
loading...