Ahmat Alfiansyah Berpulang ke Rahmatullah

202
DUKA MENDALAM: Awaluddin menggendong jenazah putranya, Ahmat Alfiansyah menuju liang lahat, Jumat (20/1) kemarin. (FAHMI FAJRI/BONTANG POST)

 

“Hancur Sudah Harapan Saya”

AWALUDDIN mencoba tegar. Tepat sepekan sejak kepergian sang istri, Ida Ayu yang meninggal karena meningitis dan TBC, dia juga mesti rela melepas kepergian putra semata wayangnya.

Ahmat Alfiansyah, bayi berusia setahun lebih tiga bulan itu meninggal Kamis (19/1) malam, pukul 23.40 Wita akibat sakit paru-paru dan gizi buruk yang dideritanya.“Hancur sudah harapan saya,” ujar Awaluddin dengan mata berkaca-kaca.

Air mata mulai memenuhi kantong matanya saat mengisahkan ihwal meninggalnya sang buah hati. Di hari nahas itu, putranya sempat mengalami koma dengan kondisi tubuh menurun secara drastis. “Para perawat berusaha menstabilkan denyutnya. Kondisinya drop,” tambahnya.

Nyawa Alif, begitu balita ini akrab disapa, pada akhirnya tidak tertolong. Setelah berbagai upaya dilakukan, termasuk transfusi satu kantung darah akibat kadar trombositnya yang berkurang. Dalam kondisi kritis, kesadaran Alif memang naik turun. Bahkan sempat keluar darah dari telinga dan hidungnya.

Hingga kemudian dia dipindahkan dari ruang Cempaka untuk dirawat intensif di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) RSUD Taman Husada Bontang. Di sanalah Alif mengembuskan napas terakhirnya. Rupanya, sebelum kepergian Alif, Awaluddin sempat mendapat firasat tidak menyenangkan hari itu. “Perasaan saya tidak enak. Sempat gelisah, tidur tidak nyenyak. Ternyata kejadian, Alif meninggal,” ujarnya lirih.

Kematian Alif menambah duka di hati pria kelahiran Makassar, 31 tahun lalu ini. Pasalnya, sepekan sebelumnya, istri terkasihnya Ida Ayu (24) meninggal dunia di rumah sakit yang sama karena meningitis dan TBC. Penyakit paru-paru yang diderita Alif, kemungkinan tertular dari sang ibunda.

Dijelaskan Awaluddin, saat lahir kondisi Alif sebenarnya sehat. Namun di bulan ketiga, kondisi putranya memburuk di usia tiga bulan. Tubuhnya dilanda demam berkepanjangan. Lahir dari pasangan yang menikah siri, Alif tidak memiliki akte kelahiran. Imbasnya, dia tidak memiliki jaminan kesehatan. Kondisi keuangan Awaluddin yang sehari-hari bekerja di bangunan tidak mencukupi untuk memenuhi biaya berobat baik anak dan istrinya.

1
2
BAGIKAN
loading...