Djokovic Kandas di Australia Terbuka

52
TAKLUK: Djokovic tersingkir dari Australia Open. (IST)

MELBOURNE – Kejutan besar terjadi di babak kedua Australia Terbuka. Juara bertahan Novak Djokovic disingkirkan petenis peringkat 117 dunia, Denis Istomin.

Dalam pertandingan di Rod Laver Arena, Kamis (19/1), Djokovic dan Istomin harus melewati duel lima set selama hampir lima jam. Setelah bertarung selama empat jam 50 menit, Djokovic akhirnya kalah 6-7(8), 7-5, 6-2, 6-7(5), 4-6.

Djokovic tampak kesulitan meladeni perlawanan Istomin sejak awal. Alotnya perlawanan Istomin membuat Djokovic frustrasi hingga membuat sembilan double fault dan 72 unforced error.

Pertandingan sudah berjalan ketat sejak gim pertama. Djokovic yang memegang servis butuh waktu hingga 16 menit untuk merebut gim pembuka. Ketatnya set pertama akhirnya harus dituntaskan lewat tie-break.

Djokovic sempat di atas angin setelah unggul 4-1 saat tie-break. Tapi petenis asal Serbia itu tak mampu memaksimalkannya dan Istomin akhirnya merebut set pertama dalam waktu satu jam 27 menit.

Pertandingan ketat berlanjut di set kedua. Istomin yang solid dengan servisnya sempat mendapat set point saat unggul 5-4. Tapi Djokovic menyengat balik dan merebut set kedua.

Momentum seperti akan berbalik ke Djokovic di set ketiga. Petenis peringkat dua dunia itu tampil lebih ofensif dan memaksimalkan fisik Istomin yang mulai menurun untuk menang mudah 6-2.

Tapi Istomin bangkit di set keempat. Dia langsung unggul 3-0 setelah sebelumnya mematahkan servis Djokovic di gim kedua. Perlawanan dari Djokovic membuat laga kembali harus ditentukan lewat tie-break.

Dua kali mematahkan servis Djokovic, Istomin memimpin 5-1 saat tie-break. Istomin kemudian memenangi tie-break dengan skor 7-5 untuk menyamakan kedudukan dan memaksakan dimainkannya set kelima.

Di set penentuan, Istomin mematahkan servis Djokovic di gim kelima untuk unggul 3-2. Sejak saat itu, Istomin terus mempertahankan keunggulannya hingga memastikan kemenangan.
Ini menjadi hasil terburuk Djokovic di Australia Terbuka setelah tersingkir di babak pertama pada 2006. Ini juga jadi kali kedua Djokovic dikalahkan petenis di luar 100 besar dalam tujuh tahun terakhir.

1
2
BAGIKAN
loading...