Tak Anggap Beban, Tak Peduli Cemoohan Orang 

153
PATUT DITIRU: Jangan malu memiliki anak yang berkebutuhan khusus. Karena dari satu kekurangannya, ada sejuta kelebihan yang dimiliki. (Dhedy/Radar Kutim)

Kisah Inspiratif Basuki Isnawan Mengasuh Anak Autis

ANAK merupakan titipan yang diberikan oleh yang maha kuasa kepada manusia. Semuanya merupakan cobaan. Baik anak yang diberikan secara sempurna maupun tidak. Tinggal, bagaimana orang tua menjaga amanah tersebut dengan sebaik mungkin. Hanya saja, tak sedikit orang tua menyalahkan tuhan lantaran diberikan anak tidak sesuai dengan harapannya. Seperti halnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau Autis.

Tak sedikit orang menganggap, jika anak autis merupakan beban dan aib terbesar bagi dirinya. Sehingga, anak tersebut dikurung didalam rumah, dan bahkan banyak yang mengasingkannya dengan cara dipasung.

Namun, tindakan salah tersebut tidak berlaku bagi Basuki Isnawan. Warga Gang Mujur Jaya Sangatta Utara tersebut mengaku bangga dan senang meskipun dirinya memiliki anak autis. Bahkan, dirinya tidak ragu dan malu untuk membawa anaknya jalan-jalan di tempat keramaian. Baik halnya di swalayan, mall, dan di tempat rekreasi sekalipun.

Dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang, anaknya yang bernama Suagery Risnawan tersebut sudah duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Gery terlihat sehat dan bugar.Saat ini, dirinya hampir menyerupai tinggi ayahnya. Hanya saja, Gery memiliki badan yang terbilang padat dan lebih berisi.

“Alhamdulillah anak saya sehat selalu. Hanya saja autis. Tetapi, tak sedikit yang bilang anak saya gila,” ujar Basuki yang juga merupakan Kepala UPT Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman itu.

Meskipun digunjingi, dirinya tidak membalas ghibahan tersebut. Malah, ejekan itu dianggap sebagai upaya diri dalam melatih kesabaran dan motifasi hidup. Karena dirinya yakin, di balik itu semua ada hikmah besar yang terpendam.

“Dan hikmah itu saya sudah rasakan. Ternyata di balik kekurangan anak saya, banyak tersimpan kelebihan. Dalam dunia pendidikan, anak saya bisa menguasai semuanya. Dia sangat cerdas, daya hafal tinggi. Karena semua nama hari, bulan dan tahun dia bisa menebaknya. Tau semua ibu kota Negara di dunia, tau tentang otomotif dan lainnya,” beber Basuki.

1
2
BAGIKAN
loading...