Harga Ayam Potong Meroket

131
Ilustrasi

MEDAN – Sejumlah pedagang ayam potong mengeluhkan kenaikan harga yang terus menerus terjadi sejak akhir tahun. Kemarin, ayam potong di Pasar Petisah Medan dijual dengan harga Rp36.000 per kilogram (kg).

Pedagang ayam potong, Hamzah, mengatakan, awal tahun biasanya harga ayam potong turun, tapi saat ini malah terus mengalami kenaikan. Jelang tahun baru, harga ayam naik menjadi Rp33.000 dari harga normal hanya Rp25.000 per kg. Hamzah selama ini mengambil ayam dari tiga pemasok dan harga yang dipatok ketiga pemasok ayam tersebut mengalami kenaikan.

“Barang ada, stok juga cukup banyak, makanya kami heran kenapa harganya mahal. Sejak tiga hari ini naik lagi,” ungkap Hamzah. Secara umum, pantauan diPasar Petisah Medan harga-harga masih mengalami fluktuatif. Beberapa harga komoditas memang sudah kembali normal, namun masih ada yang mengalami kenaikan.

Seorang pedagang sayuran, Nur, mengungkapkan, harga komoditas yang ditawarkannya berfluktuatif, ada yang turun namunadajugayangnaik. Pedagang yang sudah berjualan selama 40 tahun ini menyatakan, saat ini harga cabai rawit yang sempat melambung tinggi hingga Rp80.000 per kg, saat ini turun menjadi Rp25.000.

Begitu juga dengan cabai merah, saat ini harga per kilogram hanya Rp40.000 dari sebelumnya Rp60.000. Kemudian, harga bawang merah saat ini dijual Rp24.000 per kg, dari sebelumnya Rp28.000. Harga bawang putih masih bertahan normal, yakni Rp34.000 per kg. Sementara itu, komoditas yang mengalami kenaikan harga yakni cabai hijau.

Saat ini dijual Rp20.000 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000. Pedagang sayur lainnya, R Pasaribu, mengaku dari sisi pasokan, semua komoditas saat ini sudah normal. Harga pun sudah banyak yang kembali ke normal. Seperti cabai, pasokan yang masuk dari Sidikalang sudah melimpah ruah.

1
2
BAGIKAN
loading...