Tambahan Kuota Haji Bontang , Tunggu Kanwil Kaltim

277
Ali Mustofa (DOK/BONTANG POST)

 

BONTANG – Kementerian Agama (Kemenag) Bontang belum bisa memastikan penambahan kuota haji untuk Kota Bontang. Pasalnya Kemenag belum menerima surat tertulis dari Kantor wilayah (Kanwil) Kemenag Kaltim.

“Nanti biasanya jika sudah ada kabar, kami dan perwakilan dari kabupaten kota lainnya dari Kaltim dan Kaltara akan dipanggil ke Kantor Gubernur Kaltim untuk membicarakan pembagian kuota ini. Dari hasil itulah, baru bisa keluar nama-nama siapa saja yang tahun ini akan berangkat,” ungkap Kepala Kemenag Sulaiman Anwar melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Bontang, Jumat (13/1) kemarin.

Kendati belum mendapat kabar resmi, namun Ali mengaku sudah mengetahui adanya kabar menambah jatah kuota haji Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi melalui media nasional. Dirinya pun menyambut baik kabar tersebut lantaran akan berefek semakin berkurangnya daftar tunggu dari para calon jemaah haji.

Namun diakuinya, konsekuensinya harus ada tambahan jumlah petugas daerah. “Otomatis nanti petugas dari daerah juga akan bertambah satu. Bila tahun lalu Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD) tidak ada, tahun ini akan ada TKHD satu orang,” terangnya.

Seperti diketahui,  Pemerintah Arab Saudi akhirnya menambah jatah kuota haji Indonesia yang sudah lama ditunggu-tunggu warga muslim. Lewat jumpa pers di Istana Kepresidenan, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah Arab Saudi telah menyetujui tak hanya pengembalian kuota normal haji Indonesia, tapi juga penambahan kuota.

“Kuota haji untuk Indonesia tahun 2017 menjadi 221 ribu,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Rabu, 11 Januari 2017.

Jokowi melanjutkan, angka 221 ribu tersebut terdiri atas kuota normal haji Indonesia sebesar 211 ribu dan penambahan sebesar 10 ribu. Pada tahun lalu, kata mantan Wali Kota Solo itu, angkanya tidak sebesar itu.

1
2
BAGIKAN
loading...