Sewa Kantor Kelurahan Diperpanjang

55
Syaiful Bahri (IST)

Imbas Defisit Anggaran

BALIKPAPAN- Pelayanan di beberapa kantor kelurahan kurang nyaman lantaran belum adanya gedung permanen. Karena keterbatasan anggaran, kantor kelurahan yang masih menyewa dipastikan akan diperpanjang. Tak hanya itu, pemkot juga harus menyediakan kantor bagi SKPD baru.

Asisten I Setkot Balikpapan Syaiful Bahri mengatakan, terdapat beberapa kelurahan dan kecamatan yang kantornya masih menyewa. Yakni Kelurahan Sungai Nangka, Sepinggan Raya, Graha Indah, Damai, Mekar Sari serta Kecamatan Balikpapan Tengah. Dia menjelaskan, untuk tahun ini tetap akan menyewa bangunan untuk kecamatan dan kelurahan karena terkendala masalah keuangan.

“Anggaran sedang defisit tahun ini. Jadi ya belum ada pembangunan permanen. Kita prioritaskan bayar utang 2016 yang tertunda. Pada 2018 nanti juga belum tentu. Kita lihat dulu kondisi keuangannya,” ujarnya. Namun, ia memastikan mesti kondisi kantor masih menumpang, tidak akan mengganggu pelayanan masyarakat.

“Yang kantornya masih sewa, bangunannya tidak perlu megah. Yang penting masyarakat tahu rujukan lokasi kantor kelurahannya di mana,” tambahnya. Namun, telah disiapkan lokasi pengganti untuk beberapa kelurahan. Seperti Kelurahan Sungai Nangka yang bakal dipindah ke eks Kantor Inspektorat di Jalan Marsma Iswahyudi.

“Kalau Kelurahan Sepinggan Raya nanti akan dibangunkan dengan hibah dari salah satu developer di Sepinggan Raya. Nanti lokasinya di belakang SPBU Sepinggan. Tinggal bangun saja,” bebernya.

Ke depan, bila pihak pemkot mempunyai anggaran cukup, berkeinginan agar bangunan bisa mencontoh Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan. “Kita punya perencanaan prototype seperti Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan. Kami sudah punya DED. Dan anggarannya pasti di atas nilai bangunan yang dibongkar,” ucapnya.

Sedangkan untuk kantor Instansi baru telah disiapkan lokasinya. Seperti Diskominfo yang nantinya menempati gedung yang sebelumnya digunakan panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Jalan Sudirman. Dinas Sosial menempati eks kantor DKPP, Dinas Pertanahan di Gedung Squash. (*/ane/rsh)

1
2
BAGIKAN
loading...