Jangan Hanya Pelototi Parkir di PIS, Warga Minta Pemerintah Juga Sorot Parkir Liar Lainnya

80
HARUS DITINDAK: Pemerintah harus bersikap tegas terhadap keberadaan parkir liar yang menggunakan bahu jalan atau trotoar.(Dhedy/Radar Kutim)

 

SANGATTA – Sebagian warga menilai jika penarikan parkir di Pasar Induk Sangatta (PIS) yang santer dibicarakan khalayak, tidak laik untuk dibesar-besarkan. Pasalnya, nilai parkir yang dipungut juga tidak seberapa, yakni Rp 1.000 untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil. Berbeda dengan keberadaan pungutan parkir liar di tempat lainnya yang justru lebih mahal dan tidak jelas peruntukannya.

“Pungutan parkir yang di PIS kan setahu saya, sudah meminta ijin dan  mendapatkan restu pemerintah. Apalagi saya dengar, uang yang terkumpul nantinya akan masuk juga ke pemerintah. Jadi tidak perlu disoal,” ujar Ahmad salah seorang pengunjung PIS.

Seharusnya, pemerintah dan masyarakat bersyukur lantaran organisasi masyarakat yang memiliki inisiatif untuk menjalankan parkir tersebut. Sebab selama ini, PIS yang ramai dan besar, tidak memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor parkirnya.

“Apalagi di PIS saya dengar banyak pencurian. Dengan adanya petugas parkir, akan membantu masyarakat dalam menjaga kendaraannya. Jika motor, helm, atau barang kita yang hilang, ada tempat untuk menuntut. Karena kita bayar, maka harta kita juga wajib dijaga. Lagian juga, motor kita akan rapi karena ada yang atur,” lanjutnya.

Ahmad justru mengkritisi pemerintah untuk fokus menyorot keberadaan pungutan parkir liar di beberapa tempat. Seperti halnya Pasar Teluk Lingga, Pasar Sangatta Selatan, Pasar Sangatta Lama, di beberapa Bank, restoran, swalayan, tempat wisata dan tempat-tempat lainnya.

“Coba kita lihat dibeberapa tempat. Sekali parkir Rp 2 ribu. Mobil Rp5 ribu. Walaupun, kami tidak beli sekalipun. Parahnya, yang digunakan lahan parkir jalan poros. Ini yang seharusnya dipermasalahkan. Bukan di PIS yang kita ketahui sudah meminta ijin dan restu,” katanya.

1
2
BAGIKAN
loading...