Berdayakan Perempuan lewat Bisnis Penjualan Langsung

89
Nama: Tina Martiawati (LUKMAN/BONTANG POST)

 

Kisah Inspiratif Warga Bontang: Tina Martiawati (130)

Berawal dari iseng, Tina Martiawati mulai menekuni bisnis penjualan langsung produk wadah plastik dan rumah tangga Tupperware. Demonstrasi produk dari rumah ke rumah dilakoninya hingga kini menjadi distributor dengan omzet mencapai dua miliar dalam sebulan.

LUKMAN MAULANA, Bontang

Tina mengenal produk-produk wadah plastik dari merek Tupperware sejak 1997. Kala ini dia sebatas pemakai produk, yang didapatkannya dari sang kakak di Bandung. Perlahan dia mengenal ada peluang usaha yang menarik dari penjualan produk-produk Tupperware tersebut. Tina pun mulai melakoni bisnis rumahan tersebut dengan mengambil barang dari sang kakak.

“Iseng memakai sendiri. Ketika tahu ada bisnisnya, saya mulai jualan. Waktu itu di Bontang belum banyak yang berjualan produk-produk Tupperware,” ungkap Tina memulai cerita.

Kesibukan sang kakak yang baru melahirkan membuat Tina sempat berhenti mendapatkan kiriman stok produk-produk Tupperware. Namun itu tidak menyurutkan niatnya untuk tetap berdagang produk-produk Tupperware. Dia lantas bergabung di bawah rekannya sesama penjual Tupperware di Bontang yang kala itu sudah berada di posisi manajer dalam bisnis ini.

“Saya dibimbing tentang bagaimana melakukan penjualan Tupperware. Dari situ saya mulai mengenal dan memahami adanya jenjang karier dalam bisnis ini. Saya memulai dari posisi konsultan. Saya ingat penghasilan pertama saya waktu itu Rp 100 ribu dan saya senang sekali,” terangnya.

Sejak itu Tina mulai menekuni penjualan berbagai produk plastik dari Tupperware yang meliputi wadah makanan dan minuman. Sistem penjualan yang dilakukannya yaitu direct selling atau penjualan langsung dengan cara party atau demonstrasi produk. Dia pun mengatur pertemuan dengan berbagai komunitas di Kota Taman untuk melakukan demonstrasi produk dari rumah ke rumah. Untuk penjualan setiap produknya, dia mendapatkan keuntungan 30 persen.

1
2
3
4
BAGIKAN
loading...