Ultah Kim Jong-un Tidak Dirayakan

85
Kim Jong-un (IST)

PYONGYANG – Pada Minggu 8 Januari 2017 tidak terlihat ada perayaan yang besar di Korea Utara (Korut) dan keadaan ini langsung menjadi sorotan media internasional. Pasalnya 8 Januari ditandai sebagai hari ulang tahun (ultah) dari pimpinan Korut, Kim Jong-un.

Media Korut pada 2016 sempat mewartakan, negara tersebut akan mengadakan perayaan besar-besaran pada ultah Kim di 2017. Perayaan ini disebut akan serupa dengan perayaan ayah dan kakek Kim Jong-un.

Hingga saat ini masih belum diketahui usia pasti dari Kim Jong-un. Namun, NHK mewartakan, ultahnya kali ini merupakan yang ke-33 atau yang ke-34.

Namun pada Minggu 8 Januari 2017, perayaan tersebut tidak terlihat. Bahkan sebagaimana dikutip dari NHK, Senin (9/1/2017) pembaca berita media Korean Central Television tidak membahas mengenai ultah sang pemimpin tertinggi Korut tersebut.

Banyak yang mengindikasikan tidak diadakannya perayaan ini memiliki hubungan dengan pidato Kim pada 1 Januari 2017. Pada pidatonya tersebut, Kim menegaskan ia ingin menjadi pemimpin yang lebih baik untuk Korut. Kim juga mengatakan, selama 2016 ia merasa cemas dan menyesal terkait kekurangannya sebagai pemimpin. (net)

BAGIKAN
loading...