Kreatif!! Ini yang Dilakukan Mahasiswa Papua di Maluku

200
Salah satu bentuk rumah adat Papua yang dibangun mahasiswa (Malut Post/JawaPos.com)

Kreatif. Itulah cara mahasiswa asal Papua yang menimba ilmu di Ternate dalam menggalang dana pembangunan asrama. Mendirikan Kampung Papua di tengah kebun cengkih, yang mendadak jadi ikon baru favorit anak muda Ternate.

ABD YAHYA ABDULLAH, Ternate

Ada yang berbeda dengan perkebunan cengkih milik Mukhtar Adam di RT/RW 07/01 Kelurahan Gambesi, Ternate Selatan. Lahan seluas 1 hektare itu dipenuhi honai, rumah khas Suku Papua. Rumah-rumah berbentuk unik tersebut dibuat dari kayu, dengan atap yang dibuat dari alang-alang.

Di dalam honai, disediakan beragam benda khas Papua, termasuk hiasan kepala yang lengkap dengan bulu-bulu cendrawasihnya. Suasana kebun ini benar-benar mengingatkan pada perkampungan di wilayah Papua. Ditambah dengan adanya puluhan anak muda Suku Papua yang berlalulalang di situ, sekilas orang akan mengira sedang berada di wilayah paling timur Indonesia itu. Benar-benar kental nuansa Suku Papua-nya.

Sejak dua bulan lalu, kebun cengkih milik dosen Ekonomi Universitas Khairun (Unkhair) itu memang sengaja disulap jadi perkampungan Papua. Yang menyulapnya pun para mahasiswa asal Papua yang tengah menimba ilmu di Ternate. ”Baru dikerjakan sekitar dua bulan lalu,” ungkap Elianus Haluk, pengelola Kampung Papua, saat ditemui Malut Post (Jawa Pos Group), Senin (2/1).

Ide membangun Kampung Papua di tengah kebun cengkih itu bermula dari kian bertambahnya mahasiswa asal Papua yang menimba ilmu di Ternate. Karena jumlah mereka yang bertambah banyak, para mahasiswa ini berniat membangun asrama Papua. ”Jumlah kami sudah 60 orang lebih,” tutur Elianus yang saat ini duduk di bangku semester 7 Fakultas Ekonomi Unkhair itu.

Namun mendirikan asrama membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Elianus yang masuk ke Unkhair melalui program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) itu sempat pusing sendiri memikirkan cara mendapatkan dana. ”Akhirnya kami masukkan proposal pembuatan asrama ke pemerintah Papua,” tuturnya.

1
2
3
4
BAGIKAN
loading...