Suka Pekerjaan Sosial di Lapangan, Getol Suarakan Hak-hak Perempuan

120
RINA MEGAWATI HARSONO. (Lukman/Bontang Post)

Kisah Inspiratif Warga Bontang: Rina Megawati Harsono (129)

Perempuan Bontang harus cerdas. Kalimat itulah yang selama ini dikampanyekan Rina Megawati Harsono. Ketika pemudi seusianya sibuk merawat kecantikan wajah dan tubuh, Rina justru akrab bergelut dengan debu dan terik matahari.

LUKMAN MAULANA, Bontang

Panasnya Kota Taman bukan penghalang bagi Rina untuk menjalankan tugasnya sebagai pekerja sosial di Kota Taman. Karena dia memang lebih menyukai pekerjaan di lapangan ketimbang pekerjaan kantoran. Walaupun sebenarnya dia sudah memiliki usaha sendiri yang bergerak di bidang travel di bawah nama CV Borneo Mega.

“Sejak kuliah saya sudah merintis usaha travel penjualan tiket pesawat. Waktu itu masih sebatas lewat ponsel. Kalau sekarang sudah ada kantornya sendiri, saya direkturnya,” cerita Mega kepada Bontang Post.

Meski usahanya ini menjanjikan, namun toh tidak membuat Rina betah standby di kantor. Dia merasa bosan dan mulai mencari rutinitas lain. Karenanya ketika ada lowongan pendamping kelompok usaha bersama (Kube) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Agustus 2016, dia pun iseng mencobanya.

“Tidak menyangka lulus dan diterima. Pengumumannya bulan September dan langsung mengikuti pelatihannya di Jogjakarta,” kenangnya.

Sejak saat itu anak kedua dari tiga bersaudara ini aktif mendampingi warga-warga kurang mampu yang tergabung dalam Kube di Bontang. Dia turut terjun dalam berbagai kegiatan Kube, mulai dari pendampingan proses produksi, pelatihan, hingga pemasaran. Bahkan dia juga turut menawarkan produk-produk buatan Kube dari satu toko ke toko yang lain.

“Jadi ya sudah seperti sales saja. Saya titipkan produk-produk itu di berbagai tempat agar bisa semakin dikenal masyarakat. Sebagai pendamping, saya dituntut kreatif dalam memperkenalkan produk-produk buatan Kube,” kata Rina.

1
2
3
4
BAGIKAN
loading...