Waspada Mitos Awal Tahun Roma

105
Meski diatas kertas AS Roma masih unggul, namun mitos selalu gagal di pertandingan awal tahun harus diwaspadai. (IST)

AS Roma akan melawan tuan rumah Genoa di giornata 19 Serie A 2016/17, Minggu (08/1). Roma lebih diunggulkan meski main tandang. Namun, Roma punya satu kebiasaan buruk yang bisa membahayakan peluang mereka meraih poin maksimal.

Roma kerap kesulitan di laga pertama mereka setelah pergantian tahun alias libur musim dingin. Dalam empat musim terakhir, Roma bahkan hanya pernah menang sekali dalam pertandingan pembuka tahun mereka, yang kebetulan keempatnya berupa pertandingan tandang.

Roma mengawali tahun 2013 dengan kekalahan 1-4 di kandang Napoli. Pada awal tahun 2014, Roma tumbang 0-3 di markas Juventus. Setelah itu, Roma membuka tahun 2015 dengan kemenangan tipis 1-0 yang diraih susah payah di rumah Udinese. Awal tahun 2016 kemarin, Giallorossi imbang 3-3 kontra tuan rumah Chievo.

Tahun 2017 ini, Roma kembali mengawalinya dengan laga tandang – ke markas Genoa. Akankah Roma kembali terperosok ke dalam jebakan awal tahun?

Ini harusnya jadi laga yang cukup mudah bagi Roma. Pasalnya, Genoa baru saja ditinggal dua pemain pentingnya yang mereka jual di bursa transfer Januari ini, yakni striker Leonardo Pavoletti ke Napoli serta gelandang Tomas Rincon ke Juventus, dan belum ada penggantinya. Selain itu, Genoa juga kehilangan striker Serge Gakpe (Togo) yang dipanggil timnas untuk Piala Afrika, sama seperti Mohamed Salah (Mesir) dari kubu Roma.

Di atas kertas, Roma pantas diunggulkan. Roma sejauh ini memiliki 38 poin di peringkat dua, terpisah 15 poin dari Genoa di posisi 12. Pasukan Luciano Spalletti butuh kemenangan agar tidak semakin tertinggal dari pemimpin klasemen Juventus, yang sudah mengoleksi 42 poin dan masih punya tabungan satu pertandingan.

1
2
3
BAGIKAN
loading...