BPBD Antisipasi Lakalaut Selama Libur Tahun Baru

71
SIAGA: Tim Water Rescue BPBD Bontang melakukan apel sebelum melaksanakan tugas penjagaan di Pulau Beras Basah. (BPBD Bontang for Bontang Post)

Dirikan Posko Penjagaan di Pulau Beras Basah

BONTANG – Libur tahun baru membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang turut bersiap. Selama Minggu-Senin (1-2/1) malam, tim water rescue BPBD Bontang bersiaga di laut perairan Bontang dengan mendirikan posko penjagaan di Pulau Beras Basah. Lima anggota water rescue pun diterjunkan untuk menginap di pulau tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Bontang, Ahmad Yani. Kepada Bontang Post, pendirian posko penjagaan ini untuk memberikan pelayanan pertolongan darurat jika terjadi kecelakaan laut (lakalaut) untuk pengunjung wisata Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah. “Terutama buat turis yang tidak menggunakan life jacket. Kami sarankan itu harus dipakai sebelum menuju pulau tujuan wisata,” ujar Yani, Minggu (1/1).

Tak hanya di sekitar pulau saja, tim water rescue Bontang juga memonitor di sekitar perairan Bontang. Sekitar sepuluh tenda milik wisatawan dari luar Bontang di Pulau Beras Basah juga ikut dimonitor oleh tim BPBD jika membutuhkan bantuan. “Tadi pagi (kemarin, Red.) sempat ada insiden juga, anak kecil yang tertusuk di kakinya. Tim kami langsung memberikan bantuan dengan cepat dan baik,” tuturnya.

Selain mengawasi pergerakan wisatawan di laut menuju tempat wisata, timnya juga melakukan sosialisasi kepada pengujung yang berdatangan untuk mengutamakan keselamatan diri dan memperhatikan standar keamanan. “Tetap waspada selama berwisata. Kalau di laut selalu gunakan life jacket. Masyarakat yang hendak ke pulau besok (hari ini, Red.) pun juga harus selalu waspada dan gunakan alat keselamatan tersebut,” himbau Yani. (zul)

loading...