Tingkatkan Kualitas Pengadil, PBSI Gelar Penataran Wasit

84
KALENDER PBSI BONTANG: Suasana penataran wasit bulu tangkis yang digelar di Gor BSG, Jumat (30/12) kemarin. Para peserta dibimbing oleh wasit internasional asal Bontang, Drs Irianto MPd (berdiri).(Guntur/Bontang Post)

 

BONTANG – Pengurus Kota Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (Pengkot PBSI) Bontang benar-benar serius dalam menjalankan programnya. Tak hanya menggelar meningkatkan kualitas dan kuantitas atlet saja, perangkat pertandingan pun terus di-upgrade. Tujuannya adalah menjadikan Kota Taman sebagai barometer bulu tangkis di Benua Etam.

Untuk itulah, PBSI Bontang menggelar penataran wasit di Gedung Olahraga Bangun Setia Graha (Gor BSG), 30-31 Desember 2016. Sekretaris PBSI Bontang, Erdani Yasid menjelaskan, penataran wasit tingkat kota adalah salah satu program PBSI Bontang, khususnya di bidang turnamen dan perwasitan.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas wasit di Bontang. Selain itu, juga sebagai wahana untuk mencari wasit-wasit muda yang potensial, untuk dibina dan dikembangkan ke level yang lebih tinggi. Sehingga, ke depan akan muncul wasit bulu tangkis level nasional dan internasional dari Bontang,” jelasnya, Jumat (30/12) kemarin.

Selain itu, kata Erdani, penataran digelar agar ada upaya regenerasi wasit. Sebagai informasi, saat ini, Bontang memiliki wasit berlisensi Asia, yakni Drs Irianto Mpd. “Dalam penataran ini, Pak Irianto yang sudah masuk dalam kategori wasit internasional menjadi assessor,” jelasnya lagi kepada Bontang Post.

Dibeberkan Erdani, silabus dalam penataran wasit yang berlangsung selama dua hari itu cukup banyak. Di antaranya Laws of Badminton, rekomendasi petugas teknik, ujian teori, praktik, serta cara memimpin pertandingan bulu tangkis sesuai dengan aturan yang benar.

“Penataran wasit bulu tangkis tingkat Kota Bontang diikuti oleh guru-guru olaraga SD-SMP, dari dari beberapa sekolah dan juga masyarakat umum yang memiliki semangat untuk menjadi wasit bulu tangkis. Jumlahnya ada 18 peserta,” bebernya.

Sebagai informasi, penataran ini dirangkai dalam kejuaraan bulu tangkis terbesar dan bergengsi. Event resmi PBSI Bontang itu menggandeng PT Indominco Mandiri. Di mana, kejuaraan ini bertajuk Indominco Cup ke-VII 2016. Pesertanya, adalah klub-klub Bontang, Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur (Kutim), dan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Nomor yang dipertandingkan adalah beregu putra.

1
2
BAGIKAN
loading...