Adu Gasing Jadi Hiburan Warga 

60
KENALKAN PERMAINAN TRADISIONAL: Tampak para penonton antusias menyaksikan permainan adu gasing yang digelar di parkiran belakang Tribun Stadion Bessai Berinta  Minggu (25/12) kemarin.(ist)

 

BONTANG – Permainan adu gasing dari Komunitas Gasing Tradisional Lembah Ujung, di halaman parkir belakang Tribun Stadion Bessai Berinta,  Minggu (25/12) kemarin, menjadi hiburan tersendiri bagi warga. Dibuktikan dengan banyaknya warga yang antusias menyaksikan adu gasing ini.

Bagi sebagian masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan, permainan tradisional tentu merupakan hal yang jarang ditemui, apalagi saat sekarang ini.  Sehingga wajar, jika ada sekelompok komunitas yang mencoba untuk melestarikan dengan cara memainkannya, masyarakat pun langsung antusias untuk menonton.

Koordinator Pelaksana Kegiatan, Syarifuddin mengaku, jika biasanya gelaran lomba atau pertunjukan adu gasing ini dilaksanakan di kawasan Lembah Ujung Berbas Tengah, kali ini pihaknya memutuskan untuk menggelar di tempat-tempat keramaian. Hal ini sekaligus sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat, jika permainan tradisional adu gasing di Bontang ini masih dilestarikan dengan baik.

“Sekaligus memperkenalkan bahwa kami juga memiliki komunitas yang menghimpun para pecinta gasing tradisional,” ujarnya.

Dimulai sejak pukul 09.30 wita, ratusan pegasing (sebutan para pemain gasing) dari kalangan anak-anak hingga dewasa, unjuk kebolehan dalam memainkan gasingnya. Jarak lemparnya pun tak tanggung-tanggung, mencapai delapan meter.

“Kalau permainan gasing yang biasanya digelar, jarak lemparnya kebanyakan yang dekat saja. Beda dengan kami yang cukup jauh,” katanya.

Kata Syarifuddin, memang untuk kali ini pihaknya tidak mengadakan dalam bentuk perlombaan, hanya pertunjukan saja. Namun kedepan, tidak menutup kemungkinan jika perlombaan adu gasing diadakan di tempat yang sama.

“Intinya kami kenalkan saja dulu ke masyarakat. Kedepan tidak hanya dari kami (warga lembah ujung, Red.) saja. Tetapi juga akan mengundang para pegasing dari daerah-daerah lain,” pungkasnya. (bbg)

Sumber: Bontang.prokal.co

BAGIKAN
loading...