Natal, Potensi Gangguan Sudah Diantisipasi

37
KHUSYUK: Jamaah gereja sedang khusyuk berdoa dalam misa natal di gereja, kemarin (24/12). (Sapos)

BALIKPAPAN – Polres Balikpapan melibatkan Satuan Brimob Polda Kaltim ketika melakukan sterilisasi gereja sebelum digunakan beribadah, kemarin (24/12). “Ada puluhan gereja kami amankan, 11 di antaranya dilakukan sterilisasi,” terang Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta.

Menurutnya, penyisiran ini bertujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti adanya benda berbahaya yang sengaja ditaruh untuk meneror. “Semoga aman dan lancar, kami sudah antisipasi,” ungkapnya.

Gereja yang disterilkan itu seperti Gereja Santa Theresia, Jalan Prapatan dan Gereja Maranata, Jalan Yos Sudarso.

Sementara Tim Gegana Satuan Brimob Polda Kaltim telah siap dengan peralatannya. Mereka dibagi menjadi enam tim untuk menyebar ke gereja.

“Ada enam tim saya siapkan,” sebut Kepala Satuan (Kasat) Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi. Mantan Kasat Brimob Polda Kalimantan Barat ini menguraikan, tak hanya gereja di Balikpapan yang diamankan Tim Gegana.

“Semua wilayah siaga, ada pula sterilisasi tergantung permintaan masing-masing polres,” jawabnya. Penyisiran menggunakan metal detektor, kemudian anggota memeriksa seluruh sudut ruangan di gereja. Sterilisasi gereja menjelang ibadah natal dilakukan agar umat nasrani dapat melaksanakan ibadah dengan penuh rasa aman dan nyaman. Sehingga para jemaat gereja beribadah dengan penuh rasa hikmat serta tidak ada rasa khawatir. (aim/riz/k18/JPG)

BAGIKAN
loading...