oleh

Selama Ramadan, Sampah Melonjak 85 Ton TPA Bontang Lestari Didominasi Sisa Makanan dan Plastik

BONTANG – Sejak awal Ramadan 1439 Hijriah lalu, volume sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bontang Lestari setiap harinya mengalami peningkatan. Total volume sampah selama puasa mencapai 80 hingga 85 ton per hari, atau meningkat 10 ton dari hari biasanya yang berkisar70 sampai 75 ton per hari.

Kepala Seksi Kemitraan dan Pelayanan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang Lukmanul Hakim mengatakan, berdasarkan data yang mereka himpun, jenis sampah yang mendominasi selama Ramadan ini yakni sisa makanan dan sampah-sampah plastik. “Kemungkinan karena tingginya daya konsumsi masyarakat selama Ramadan, sehingga volume sampah meningkat hingga 10 ton per hari,” ujarnya.

Meski meningkat cukup drastis, namun jadwal pengangkutan oleh petugas kebersihan diakui Lukman tidak mengalami perubahan dari biasanya. Hanya saja, muatan truk pengangkut akhirnya menjadi lebih banyak dibandingkan hari biasanya.

“Truk sampah yang beroperasi saat ini ada sembilan armada dan cukup untuk mengatasi pengangkutan sampah di Bontang,” tambah Lukman.

Untuk meminimalisir terjadinya lonjakan kenaikan sampah, dirinya pun meminta kerja sama semua elemen masyarakat agar dapat mengemas dan memilah sampah di rumah sebelum dibuang. Pasalnya hal tersebut dapat membantu meringankan beban kerja para petugas kebersihan dan pengangkut sampah di lapangan. Disisi lain, dirinya juga mengimbau masyarakat untuk membuang sampah sesuai jadwal yang telah ditentukan pemerintah. Sehingga tidak sampai terjadi penumpukan sampah di jalanan dan pengangkutannya pun bisa teratasi oleh mobil pengangkut sampah. “Mari bersama kita tekan jumlah penumpukan sampah di Bontang,” ajaknya. (bbg)

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares

Komentar