oleh

Pastikan Rumah Aman Saat Mudik Polres Sarankan Kunci Dititipkan ke Ketua RT

BONTANG – Hari Raya Idulfitri hanya tinggal beberapa hari lagi. Banyak masyarakat Bontang yang sudah melakukan perjalanan mudik Lebaran. Polres Bontang pun mengimbau para pemilik rumah untuk memastikan keamanan tempat tinggal mereka ketika pergi mudik Lebaran ke kampung halaman. Bahkan, Kapolres Bontang menyarankan jika kunci rumah lebih baik dititipkan di Ketua RT setempat.

Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti mengatakan, pihaknya dengan Forkopimda sudah komitmen terkait pengamanan Lebaran tahun 2018 ini. “Kami gelar patroli gabungan baik dari TNI, Polri, juga Satpol PP dan aparat keamanan lainnya,” jelas Siswanto saat ditemui belum lama ini.

Dikatakan Kapolres, patroli dibagi menjadi 3 sif, mulai pagi, siang, dan malam. Hal tersebut untuk mengantisipasi tindak pidana pencurian. Meskipun tidak mendatangi satu persatu rumah. Akan tetapi, paling tidak pihaknya tidak memberikan ruang kepada para pelaku pencurian untuk memuluskan aksinya.

“Saya di setiap kesempatan selalu mengimbau agar keamanan diri selalu disiapkan, mulai dari pintu rumah dikunci, kompor dimatikan, air dimatikan,” imbaunya.

Siswanto mengingatkan kepada masyarakat Bontang yang meninggalkan rumahnya untuk mudik Lebaran agar memastikan kembali rumah sudah dalam kondisi aman. Baik itu listrik, gas atau kompor, jendela dan pintu sudah terkunci semua. Sebelum ditinggalkan, lapor kepada RT setempat bahwa rumah dalam keadaan kosong atau tidak berpenghuni. Dari laporan tersebut, para Ketua RT akan melaporkan ke Bhabinkamtibmas masing-masing kelurahan untuk diawasi saat patroli dilakukan. “Jika meninggalkan kendaraan, sebaiknya titipkan di Polsek atau di Polres tanpa dipungut biaya agar keamanannya terjamin,” ujarnya.

Bahkan lanjut dia, kunci rumah sebaiknya dititipkan ke tetangga, Ketua RT atau aparat keamanan setempat, untuk memudahkan jika terjadi sesuatu. Namun demikian, Kapolres berharap tidak ada musibah apapun di Bontang. Baik itu kebakaran atau pencurian.

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares

Komentar