oleh

Kendaraan Dinas Haram Dibawa Mudik

SANGATTA – Bupati Kutim Ismunandar menginstruksikan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menggunakan mobil dinas agar mengikuti aturan.Terutama peruntukannya saat libur mudik lebaran.

“Ikuti aturan saja.  Kalau tidak di bolehkan, ya tidak boleh,” kata Ismu usai menjalankan shalat zuhur di masjid agung Al Faruq, Bukit Pelangi, kemarin.

Katanya,  untuk definisi mudik adalah orang yang pulang kampung ke luar Kaltim. Jika masih di wilayah kalimantan, maka belum dikatakan mudik atau pulang kampung.

“Mudik itu ke jawa.  Kesulawesi. Nah itu tidak boleh mobil dinas digunakan. Kalau ada keperluan ke Samarinda, itu tidak mudik.  Tidak mengapa dipakai,” jelasnya.

Sedangkan mobil operasional, dirinya mengingatkan agar dipergunakan  seperti  biasa. Hanya sebagai pendukung pelayanan untuk masyarakat. Seperti mobil ambulan, kendaraan Satpol PP,  dan lainnya.

“Itu untuk tugas, tetap dipergunakan seperti biasa.  Ya,  pendukung pelayanan,” katanya.

Seperti diketahui, dengan telah ditandatanganinya Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2018 tentang Cuti Bersama PNS, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur pada 5 Juni 2018 telah menerbitkan surat edaran nomor B/21/M.KT.02/2018 tentang penegakan disiplin dalam pelaksanaan cuti bersama PNS Tahun 2018.

Melalui SE tersebut, diminta pimpinan Instansi Pemerintah agar melarang penggunaan fasilitas dinas, seperti kendaraan dinas untuk kepentingan kegiatan mudik.

Lalu, di dalam SE juga menegaskan cuti bersama tidak mengurangi hak cuti tahunan PNS. Kepada para pimpinan  instansi pemerintah tidak memberikan cuti tahunan sebelum dan sesudah pelaksanaan cuti bersama kepada PNS di lingkungan Instansi pemerintah masing-masing, kecuali alasan penting.

Kemudian, bagi PNS yang pada saat cuti bersama karena tugasnya harus memberikan perlayanan kepada masyarakat, misalnya pegawai rumah sakit, oetugas imigrasi, bea cukai, lembaga lemasyarakatan, dan lain-lain, sehingga tidak dapat melaksanakan cuti bersama, dapat diberikan tambahan cuti tahunan sejumlah cuti bersama tersebut.

Bagikan berita ini!
  • 11
    Shares

Komentar