oleh

Sehari, Disdamkartan Evakuasi Kobra dan Piton 

BONTANG – Meski dalam keadaan berpuasa Ramadan, namun semangat kerja para petugas Dinas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang dalam membantu masyarakat tak luntur sedikit pun.

Selain melaksanakan evakuasi terhadap sarang tawon beberapa waktu lalu, Senin (11/6) kemarin mereka juga kembali melaksanakan evakuasi terhadap ular kobra dan ular piton yang masuk ke permukiman warga. Evakuasi ini dilakukan karena satwa tersebut telah meresahkan bahkan mengancam nyawa warga.

Plt Kasi Pelatihan, Pengendalian, dan Penyuluhan Disdamkartan, Yuli Masriyantika mengatakan, Senin siang sekira pukul 13.04 Wita, ular kobra sepanjang 1 meter berhasil diamankan di pipa pembuangan air hujan rumah milik Abdul Ali. Lokasi rumah itu berada di Jalan Letjen S Parman kilometer 6 RT 49 Telihan.

Berdasarkan keterangan warga setempat, keberadaan ular kobra tersebut sebelumnya sudah sering terlihat di samping rumah warga. Saking paniknya kala itu, sampai-sampai warga pun akhirnya melemparinya

PENUH RISIKO: Petugas Disdamkartan berhasil mengevakuasi ular korba dan ular piton di pemukiman rumah warga. Evakuasi kedua satwa tersebut dilakukan di hari yang sama.(DISDAMKARTAN FOR BONTANG POST)

“Begitu ular terlihat masuk ke lubang pipa pembuangan air hujan, pemilik rumah lubang tersebut langsung  ditutup mengunakan kain. Setelah itu, mereka menelpon kami meminta pertolongan,” sebutnya.

Berkat kerja sama yang baik, ular kobra itu berhasil dikeluarkan dari lubang pipa. Sempat saat akan mengeluarkan badan ular tersebut, tiba-tiba ular menyemprotkan bisanya kearah wajah petugas. Beruntung dengan sigap petugas Disdamkartan berhasil terhindar dari semprotan maut tersebut.

“Setelah kami masukkan karung, lalu ularnya kami amankan ke Mako Damkar,” jelasnya.

Selisih beberapa waktu pascaevakuasi ular kobra, petugas kembali mendapat kabar jika ular piton masuk ke rumah warga di lokasi yang berbeda. Yaitu di salah satu rumah warga yang beralamat Jalan Kapten Piere Tendean, Bontang kuala. Tampak ular tersebut berada di atas tumpukan kayu. Tak butuh waktu lama, ular sepanjang 1 meter itu berhasil ditangkap dan diamankan di Mako Disdamkartan. (bbg/adv)

Bagikan berita ini!
  • 16
    Shares

Komentar