oleh

Bikin Program Rumah Pangan Lestari hingga Bantuan Ternak Kutim 'Buktikan Perhatian' ke Sidrap

SANGATTA-Dinas Pertanian Kutim berencana membuat program rumah pangan lestari hingga ternak ayam di Kecamatan Teluk Pandan. Hal itu dilakukan guna pengembangan dan pemerataan sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kutim Sugiono menjelaskan, Wabup Kasmidi Bulang sudah menugaskan kepada tiap OPD membuat program untuk warga Dusun Sidrap. Instruksi itu sebagai komitmen Pemkab Kutim dalam hal pemerataan pembangunan. Program yang direncanakan tersebut merupakan jawaban atas instruksi itu.

“Kami rencananya bikin program rumah pangan lestari, nanti kami lewat pemantapan itu, pemanfaatan pekarangan dengan tanaman holtikultura. Diantaranya sayur dan buah-buahan,” terangnya.

Langka awal, dirinya mengungkapkan akan menginventarisir terlebih dulu luasan lahan melalui pendampingan penyuluh lapangan. Dari data itu nanti program dimantapkan untuk Kecamatan Teluk Pandan.

“Kan ada UPT penyuluhan, kami inventarisir dulu, itu terkait berapa bibit yang nanti disiapkan,” sebut Giono saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

“Tinggal gimana konsepnya. Warga yang langsung tanam atau kami bibitkan tanaman holtikulturanya (holtik). Satu rumah diberi 5 sampai 10 polibag,” sambungnya.

Sugiono mengungkapkan, holtik dipilih karena jenis ini bisa berguna sebagai keindahan, konsumsi, dan tentunya peningkatan penghasilan.
“Holtik itu seperti buncis, kacang panjang, lalu cabe, tomat, pakai polibag, bisa pola datar atau vertikal. Disusun bentuk anak tanga atau digantung diteras,” katanya.

Rencana lain warga diberikan kesempatan berternak, Sugiono menyebut jika pekarangannya cukup luas, maka bisa dibangun kandang dengan ukuran 5 x 5 meter.

“Kalau halaman luas bisa ternak ayam kampung. Untuk pengawasan dan bimbingannya di sana sudah ada pusat kesehatan hewan (puskeswan) milik Pemkab Kutim,” katanya.

Sedangkan untuk pelucuran program ini direncanakan saat anggaran perubahan 2018 nanti. “Pesan pak Wabup kan di APBD perubahan. Itu sekitar September hingga Oktober,” ungkapnya. (hd)

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares

Komentar