oleh

Puasa dan Kehamilan 

Oleh: dr. Fakhruzzabadi, SpOG, MKes

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Beberapa hari lagi kita akan memasuki Bulan Ramadan. Banyak ibu-ibu hamil yang bertanya “Apakah saya boleh berpuasa dok?”, “Kira-kira janin saya tidak kenapa-kenapa kalau saya puasa dok?”, “Aman tidak ya puasa dalam keadaan hamil tua?”
……….
Sebagai muslim yang taat, berpuasa merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Namun terdapat beberapa kelompok yang diberikan keringanan untuk tidak melaksanakan puasa, termasuk ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil maupun menyusui diperbolehkan meninggalkan puasa di bulan Ramadan dan wajib menggantinya di hari lain disertai membayar fidyah maupun tidak.

Sebenarnya hamil maupun menyusui bukanlah halangan untuk melaksanakan puasa. Berpuasa atau tidak tergantung dari kondisi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Selama kondisi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan sehat, maka ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa dengan syarat ibu hamil tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi dirinya maupun janin yang dikandungnya.

Pemenuhan nutrisi ini minimal sama dengan kondisi ketika tidak berpuasa, akan tetapi pemenuhan nutrisi ini dipindah waktunya saat sahur dan berbuka puasa serta antara waktu berbuka puasa dan sahur. Artinya, ibu hamil atau menyusui boleh meninggalkan puasa Ramadan, tetapi bukan berarti dilarang melakukan puasa.

Menjalankan puasa saat hamil justru dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Bagi ibu hamil dan janin, makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan. Karena overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan bagi ibu dan janin yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kencing manis, kolesterol, penyakit jantung, preeklamsia dan lain-lain.

Pada kehamilan yang sehat, puasa tidak menimbulkan dampak negatif pada janin maupun pada ibu hamil. Sehat yang dimaksud secara medis adalah calon ibu tidak mengalami keluhan selama hamil dan tidak mengalami komplikasi dari penyakit yang diderita. Ada beberapa keadaan saat hamil yang sebaiknya berhati-hati bila ingin berpuasa.

Bagikan berita ini!
  • 81
    Shares
loading...

Komentar