oleh

DPT Bontang Turun 7 Ribuan

DAFTAR pemilih tetap (DPT) telah ditetapkan oleh KPU Bontang. Berdasarkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di tiga kecamatan yang ada di Kota Bontang, jumlah pemilih tetap mencapai 114.111 jiwa.

Rinciannya, untuk laki-laki 59.447 jiwa sedangkan perempuan 54.664 jiwa. Namun, DPT tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan saat Pilkada Kota Bontang tahun 2015 silam. Saat itu jumlah DPT mencapai angka 121.646 pemilih. Angka penurunan mencapai 7.535 pemilih. (selengkapnya lihat infografis)

“Kalau dilihat angkanya memang ada penurunan tetapi saya kira apapun hasilnya itu melalui proses yang diatur dalam Peraturan KPU, maupun surat edaran KPU yang ada,” kata Ketua KPU Bontang Suardi.

Meskipun demikian, data ini naik dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS) beberawa waktu lalu yang hanya berjumlah 113.772 orang. Rinciannya, pemilih laki-laki  sejumlah 59.103, sedangkan perempuan mencapai 54.620. Artinya secara keseluruhan terjadi kenaikan sejumlah 339 pemilih.

Suardi pun mengatakan ada beberapa hal terkait konsekuensi telah ditetapkannya DPT. Sehingga dapat mengakibatkan munculnya daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih pindahan (DPTh).

Daftar pemilih tambahan lanjutnya merupakan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih. Ditandai dengan menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara dengan dimasukkan dalam DPTb di TPS yang sesuai dengan alamatnya.

“Pemilih bersangkutan menggunakan formulir model A.Tb-KWK,” terang Suardi.

Sementara untuk kategori DPPh, bisa memberikan suara pada TPS lain, di daerah kabupaten dan kota yang sedang menyelenggarakan pemilihan dalam satu wilayah. Bilamana pemilih dalam keadaan tertentu meliputi menjalankan tugas lain pada hari pemungutan suara.

Tak hanya itu, jika pemilih sedang menjalani rawat inap di rumah sakit pada daerah lain juga dapat masuk kategori ini. Termasuk keluarga yang mendampingi.

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
loading...

Komentar