oleh

Sepak Bola TC Pakai Dana Pribadi 

BONTANG – Persiapan dan pematangan tim terus dilakukan oleh Asosiasi Kota Persatuan Sepabola Seluruh Indonesia (Askot PSSI) Bontang jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim. Salah satunya, dengan mengagendakan program pemusatan latihan.

Ketua Askot PSSI Andi Faisal mengatakan, program training center (TC) akan digelar Agustus. Meskipun dikatakannya waktu ideal TC ialah satu tahun, tetapi durasi empat bulan dirasa cukup untuk menggembleng fisik dan taktik bermain tim sepak bola Bontang.

“Kami akan mulai TC empat bulan sebelum Porprov dimulai,” kata pria yang akrab disapa Faiz tersebut, Jumat (6/4) kemarin.

Berkenaan dengan pembiayaan TC, PSSI Bontang akan menggunakan dana pribadi. Bahkan, hal ini sudah terlihat saat tim bertolak mengikuti ajang pra porprov beberapa waktu silam. “Dari pra porprov sampai sejauh ini sumber dana dari saya,” ucapnya.

Ia tidak bergantung pada kucuran dana dari KONI Bontang. Pasalnya, ia memahami kondisi keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang mengalami defisit.

“Sampai sejauh ini belum ada (anggaran dari KONI Bontang), tetapi saya tidak tahu kalau nanti tiba-tiba ada. Kami pahami situasi APBD yang lagi jatuh, apalagi KONI dapat berapa sih dari Pemkot saat ini?” ungkapnya.

Berkaca tahun sebelumnya, KONI hanya mengucurkan Rp 15 juta untuk tim sepak bola Porprov. Dikatakan Faiz, jumlah tersebut hanya mampu untuk pengadaan kostum dan perlengkapan latihan saja.

“Untuk asupan gizi pemain jauh sekali. Semua cabor sama, jadi tidak bisa protes,” tuturnya.

Walaupun enggan merincikan berapa total kebutuhan selama pemusatan latihan tersebut, namun menurutnya pembiayaan cabang olahraga (cabor) sepak bola sangatlah besar. Diakuinya, salah satu pos anggaran yang menyedot anggaran terbesar ialah akomodasi dan uang saku pemain.

Bagikan berita ini!