oleh

Bakar Lahan, Api Nyaris Lahap Perumahan 

BONTANG – Deretan rumah di RT 22, Jalan Mulawarman, Kelurahan Bontang Baru, nyaris jadi abu Senin (12/3) kemarin. Pasalnya, sepetak lahan kosong yang ditumbuhi rumput kering terbakar hebat, lantaran dibakar oleh pemilik lahan. Beruntung kobaran api cepat dipadamkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang, sehingga tidak sampai membesar dan membakar perumahan di sekitarnya.

Plt Kasi Pencegahan, Pengendalian, dan Penyuluhan Disdamkartan Yuli Masriyantika mengatakan, pemilik lahan sejatinya ingin mencegah agar tak terjadi kebakaran. “Pemilik lahan takut ada warga yang buang puntung rokok, dan terbakar. Nah, pemilik lahan berinisiatif membersihkan rumput kering tersebut, dengan cara dibakar juga,” jelas Yuli

Namun naas, angin berhembus kencang tiba-tiba, yang mengakibatkan api semakin membesar dan mengarah ke rumah warga.

“Pemilik lahan kemudian berusaha memadamkan api sendiri sambil menunggu petugas kami datang. Namun karena menghalau apinya dengan media seadanya beberapa bagian tubuhnya seperti telapak tangan dan sebagian telapak kaki melepuh dan mengalami luka bakar. Beruntung tidak terlalu parah,” ujarnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun materil dalam kejadian ini. Atas kejadian tersebut, Yuli mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati jika membakar sampah atau rumput. Pasalnya, saat ini angin sedang bertiup kencang. Apabila orang yang membakar lalai, justru berpotensi akan menimbulkan musibah. “Kalau perlu tidak usah mencoba membakar sampah atau sebagainya. Lebih baik cari aman saja daripada kena musibah,” tukasnya. (bbg)

Bagikan berita ini!