oleh

Pohon Tumbang Bikin Listrik Biarpet

SAMARINDA – Biarpet listrik yang sering terjadi di Samarinda rupanya bukan melulu hanya diakibatkan kerusakan mesin pembangkit listrik. Melainkan juga diakibatkan terkena pohon tumbang, terutama saat musim hujan.

Kepala Pimpinan PLN Wilayah Cabang Samarinda, Basuki Sugiharto mengakui, sering padamnya listrik di beberapa titik di wilayah Kota Tepian, banyak diakibatkan karena jaringan listrik terkena pohon tumbang.

“Di sepanjang Jalan Gajah Mada atau di sekitar daerah perkantoran Gubernur Kaltim, ada banyak jaringan listrik yang tersangkut dengan ranting pohon besar. Akibatnya, kabelnya sering putus dan jaringan listrik menjadi tergangu,” katanya, Senin (12/3) kemarin.

Untuk itu Basuki mengimbau agar masyarakat yang tinggal di sekitar daerah yang dilintasi jaringan listrik supaya lebih waspada. Terutama yang berdekatan dengan pohon besar, khususnya saat hujan turun.

“Kalau ada petugas PLN yang memangkas pohon yang sudah melebihi jaringan kabel listrik, kami harap masyarakat setempat bisa mengerti. Apabila tidak dipotong, khawatirnya akan menggangu jaringan listrik. Kalau sudah seperti itu, kan masyarakat yang dirugikan,” bebernya.

Selain itu, Basuki berharap jika ada jaringan listrik yang bermasalah atau tersangkut dengan pepohonan, bisa menginformasikan kepada pihak PLN. Supaya bisa langsung diperbaiki dan ditata kembali dengan baik.

“Supaya jaringan listrik tetap baik dan listrik masyarakat tidak terganggu, petugas PLN selalu rutin saya minta mengecek jaringan listrik. Khususnya yang tersangkut dengan pepohonan. Kami juga berharap kerja sama dari masyarakat untuk memberikan informasi pada kami,” tuturnya.

Ia menambahkan, PLN turut aktif melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Baik dalam peningkatan pelayanan listrik maupun untuk mengajak masyarakat beralih menggunakan listrik prabayar. Supaya penggunaan listrik dapat dikontrol dan menghindari adanya penunggakan pembayaran.

Bagikan berita ini!