oleh

Rizal Belum Kantongi Izin Cuti?

SAMARINDA – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kaltim Rizal Effendi terancam tak bisa melakukan kampanye politik di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018. Pasalnya, Wali Kota Balikpapan tersebut sampai kemarin belum mengantongi surat izin cuti kampanye dari Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak.

Pasca ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim sebagai cawagub menggantikan mendiang Nusyirwan Ismail, Rabu (8/3) lalu, Rizal diketahui baru mengajukan surat cuti ke gubernur pada, Kamis (9/3). Terkait itu, gubernur mengaku masih akan mengkajinya.

Sebelumnya, Awang Faroek mengatakan, baik KPU dan Rizal, belum melakukan komunikasi dengannya. Terutama penyampaian resmi terkait pengunduran diri atau pengajuan surat izin cuti Rizal sebagai Wali Kota Balikpapan.

“Baik KPU ataupun pak Rizal tidak pernah komunikasi. Apalagi surat. (Kalau ada) surat baru saya terima pagi tadi (tanggal 9/3, Red.). Tapi saya katakan kaji dulu. Karena kemarin waktu minta izin pak Jaang, kayak itu juga. Ada pernyataan berhenti dari Jaang pada waktu mau mendaftar,” sebutnya.

Pengamat Hukum Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Herdiansyah Hamzah menyebut, langkah politik Rizal untuk mendapatkan surat izin cukup, tergolong cukup ribet dan tidak berjalan mulus layaknya beberapa calon yang lain. Seperti Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dan anggota DPR RI Awang Ferdian Hidayat dan Hadi Mulyadi.

Ia menjelaskan, setiap kepala daerah yang maju di penyelenggaraan kepala daerah wajin mengajukan surat izin, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 74 tahun 2016 tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara Bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota dan Wakil Walikota.

“Memang amanah Permendagri Nomor 74/2016 mewajibkan kepala daerah yang ikut kampanye untuk cuti di luar tanggungan negara. Karena pak Rizal statusnya sebagai wali kota, maka harus lebih dulu mendapat surat izin cuti dari gubernur,” terang pengamat hukum tata negara ini, Sabtu (10/3) lalu.

Bagikan berita ini!