oleh

Kejar Target 80 Persen

TARGET partisipasi tinggi dipasang Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018. Yaitu 80 persen partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari-H pilgub, 27 Juni mendatang. Target ini melampaui target yang ditetapkan KPU RI dan KPU Kaltim.

“KPU RI dan provinsi menargetkan 77,5 persen. Kami harus berani mengambil target di atasnya yaitu 80 persen,” kata Ketua KPU Bontang Suardi.

Menurut dia, target ini terbilang realistis. Bila melihat pada usaha-usaha yang dilakukan KPU di antaranya sosialisasi kepada masyarakat. Pun begitu, Suardi mengklaim angka tersebut bukan sekadar target KPU Bontang, melainkan juga merupakan komitmen dari seluruh penyelenggara ad hoc pemilu yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Bontang.

“Kami sepakat. Saya lihat dalam proses pemutakhiran data pemilih ini, mereka (penyelenggara ad hoc, Red.) siang malam mengerjakannya. Jadi semangat itu semangat kami bersama. Hal ini yang sering kami sampaikan di setiap pertemuan,” terangnya.

Kalaupun nantinya tak mampu mencapai target 80 persen, Suardi berharap setidaknya dapat memenuhi target nasional. Yaitu partisipasi mencapai 77,5 persen. Dia mengakui, pada pemilu terakhir di Bontang yaitu Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2015 lalu, tingkat partisipasi masyarakat terbilang rendah yaitu sekira 65,18 persen. Artinya ada sekira 34,82 persen masyarakat yang termasuk golongan putih (golput).

“Angka partisipasi itu memang agak rendah. Tapi untuk di Kaltim tidak juga, karena masih ada daerah yang partisipasinya di bawah Bontang. Ini akan jadi PR (pekerjaan rumah, Red.) bagi kami,” sebut Suardi.

Lebih lanjut dia mengurai, tak mengetahui persis penyebab rendahnya partisipasi masyarakat. Pasalnya ada banyak faktor yang mempengaruhi. Namun begitu KPU akan selalu berusaha maksimal dalam meningkatkan partisipasi ini. Salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi melibatkan stakeholder terkait.

Bagikan berita ini!