oleh

Olahraga Kaltim Perlu Dibedah, Bonus Atlet Terkendala Defisit

SAMARINDA – Program keolahragaan di Kaltim dirasa perlu untuk dibedah secara keseluruhan. Hal ini diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub terkait polemik belum terealisasinya kekurangan bonus atlet, pelatih, dan official tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Kaltim yang berlaga di PON Jawa Barat (Jabar). Adanya polemik-polemik seperti ini menandakan belum ada arah jelas dalam program olahraga yang selama ini berjalan.

“Ya menurut saya memang perlu dibedah itu. Harus ada semacam konsep, kalau diistilahkan itu seperti blueprint pembangunan pemuda dan keolahragaan ke depan,” kata Rusman.

Dia menyebut, selama ini belum ada arah jelas mau dibawa ke mana prestasi olahraga Kaltim. Selama ini, perjalanan olahraga Kaltim mengalir apa adanya. Tidak ada sebuah konsep perencanaan yang benar-benar bisa dibedah secara terperinci. Makanya dia meminta pemprov melalui instansi terkait dan Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) untuk melakukan evaluasi.

“Pemerintah harus berani melakukan evaluasi. KONI juga harus berani melakukan evaluasi dalam pembinaan keolahragaan,” ujarnya.

Tujuan evaluasi ini menurut Rusman, agar terjadi link and connect antara biaya yang harus dikeluarkan dengan pencapaian prestasi. Inilah yang perlu dibedah dan menjadi bahan introspeksi. Agar dinamika pembangunan keolahragaan benar-benar on the track. Masyarakat pun bisa memahami dan memaklumi bahwa anggaran yang dialokasikan betul-betul memiliki kerangka keterbukaan dan prestasi yang ingin dicapai.

“Sehingga berapa biaya yang harus dialokasikan, rakyat juga menerima dengan senang hati dan bisa memaklumi peruntukkannya,” ungkap Rusman.

Dia menyebut, pencapaian prestasi tidak terlepas dari pembiayaan. Keduanya berbanding lurus. Tidak mungkin bisa menghasilkan prestasi bila tidak ada biaya. Karena para atlet, pelatih, dan official juga manusia yang membutuhkan energi, peralatan, pengetahuan serta berbagai hal lainnya. “Nah yang itu harus kita kembangkan,” jelas politisi PPP ini.

Bagikan artikel ini

Komentar