oleh

Lelang Seragam Kembali Dibuka 

Disdik Minta Dalam Sebulan Umumkan Pemenang Lelang

BONTANG – Mandeknya proses lelang pengadaan seragam beberapa waktu lalu sempat membuat Wali Kota Bontang dan Komisi I DPRD geram. Berdasarkan situasi tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) bergerak cepat dengan membuka lelang kembali.

“Pengumuman perihal lelang akan dibuka kembali pada Senin (17/7) besok,”  terang Dinas Pendidikan melalui Kasi Kurikulum SMP, Saparudin.

Berkaitan dengan ketentuan standar pengadaan seragam tidak mengalami perubahan. Artinya pemenang lelang harus tetap melaksanakan uji laboratorium berkenaan dengan kandungan bahan seragam.

“Rata-rata kemarin peserta lelang jatuh karena menggunakan kandungan bahan yang salah,” tambahnya.

Lelang ini dibuka kembali mengingat beberapa proses yang lalu terdapat kontraktor yang tidak serius dalam proyek ini. Ketidakseriusan dapat terlihat melalui lembaga laboratorium yang digunakan. Sapuridin menjelaskan sebelum dibukanya lelang ini, para kontraktor melakukan uji laboratorium dibawah standar.

“Lembaga yang menguji harus terakreditasi,” ungkapnya.

Pengumuman berkaitan dengan pelelangan ini Disdik meminta waktu selama satu bulan. Mengenai proses terselesaikannya pengadaan seragam ini, Disdik berpatokan pada draf kontrak yang telah dibuat. Dalam draf tersebut dijelaskan bahwa proses pengerjaan selama 90 hari.

Diberitakan sebelumnya, keterlambatan proses distribusi seragam sekolah ini dikarenakan ada beberapa spek yang harus dipenuhi oleh kontraktor saat lelang. Menurut Kadisdik Ahmad Suharto, bantuan tersebut tak bisa di “bim salabim kan”, sebab semuanya memerlukan proses yang cukup panjang.

“Kami harus hati-hati memilih speknya seperti apa, supaya jelas sesuai anggaran yang kami miliki. Tidak mungkin kami cari dengan kualitas yang rendah, setelah itu kami uji lab, sudah pas gak kainnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Harapan peserta didik untuk mengenakan seragam gratis di tahun ajaran baru ini pupus. Musababnya lelang pengadaan seragam yang dilakukan Pemkot Bontang tak kunjung ada pemenang. Padahal, pekan depan seluruh proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah dimulai.

Bagikan berita ini!

Komentar