oleh

Libur Lebaran, Dokar Jadi Alternatif Hiburan

BONTANG – Memasuki hari kedua lebaran, dokar kini menjadi alternatif hiburan bagi warga khususnya saat berkunjung ke Perumahan Bukit Sekatup Damai (BSD). Pasalnya, kereta roda dua yang ditarik seekor kuda ini dapat disewa untuk anak-anak hingga orang dewasa sebesar Rp 10 ribu per orang dengan rute mengelilingi lapangan sepak bola BSD sebanyak dua kali putaran. Namun bukan hanya dokar, untuk warga atau pengunjung yang ingin menunggang kuda secara langsung, di lapangan itu juga disediakan dua ekor kuda yang dapat disewa sebesar Rp 25 ribu (khusus untuk ayah dan anak) yang dipandu pekatik atau penuntun kuda dalam mengitari lapangan sepak bola BSD sekali putaran.
Pemilik dokar dan kuda tunggang, Maniran mengatakan sebenarnya usahanya tersebut sudah dijalankan di koperasi karyawan (Kopkar) Pupuk Kaltim. Namun karena libur dan banyak permintaan warga, Maniran pun kini menjalankan usaha tersebut di lapangan sepak bola BSD saat ini.
“Dokar dan kuda-kuda ini berasal dari Trenggalek, yang saya ambil saat puasa di hari kedua,” ungkapnya, (26/6) sore tadi.
Pria pensiunan PT Pupuk Kaltim ini menambahkan, tujuan ia menjalankan usaha ini selain menambah penghasilan, ini juga dilakukan guna melestarikan alat transportasi tersebut sekaligus mengenalkan kepada masyarakat secara langsung khususnya pada anak-anak tentang alat transportasi tradisional.
“Untuk tidak menghilangkan budaya, bila menaiki dokar ini diiringi pula dengan musik-musik keraton,” pungkasnya. (ver)

Komentar