oleh

Kesehatan Warga akan Didata 

 

Akan Dibuat Profil Kesehatan Warga Bontang

BONTANG – Pemkot Bontang melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB) akan membuat profil kesehatan warga Bontang. Ini dilakukan agar seluruh warga Bontang dapat mengetahui jenis penyakit yang diderita dan bisa segera mengobati hingga mencegahnya, guna mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan program langsung dari Presiden Republik Indoensia (RI) Joko Widodo. Hal tersebut diungkapkan Kabid Kesehatan Masyarakat Diskes-KB Bontang, Kasdi belum lama ini kepada Bontang Post.

Kasdi menjelaskan, Diskes-KB melalui Puskesmas yang telah dibentuk tim di dalamnya akan melakukan pendataan ke rumah-rumah untuk mengecek kesehatan masing-masing warga. Tim dari puskesmas tersebut meliputi dokter, bidan, perawat, dan kesehatan lingkungan yang sudah diberikan pelatihan sebelumnya pada Februari lalu. Sejatinya dari pendataan tersebut  akan dibuatkan aplikasi agar pihaknya dapat mengetahui dengan mudah seluruh penyakit yang diderita warga.

“Data ini juga dapat dilihat warga sebagai acuan mereka dapat melakukan pola hidup sehat atau germas,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pendataan tersebut, baru Puskesmas Bontang Selatan I yang sudah menjalankan tersebut. Dikarenakan mereka sudah menggangarkan survei pendataan sebelumnya. Kendati demikian, dipastikan bulan ini puskesmas lainnya yang ada di Bontang pun akan turun melakukan pendataan kesehatan warga tersebut.

“Dari pemerintah pusat, pendataan ini ditargetkan selesai pada 2019. Namun kami (Diskes-KB) akan mengupayakan 2018 pendataan ini akan sudah rampung,” katanya. (ver)

Bagikan berita ini!

Komentar