oleh

Internet Gratis Bakal Gandeng CSR

 

Pemkot Fokus di Kawasan Pesisir

BONTANG – Rencana Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Bontang untuk mengadakan akses internet gratis disambut beberapa perusahaan. Kabarnya, beberapa perusahaan di Bontang tertarik untuk mengadakan akses internet gratis di beberapa tempat yang sudah dipilih oleh Diskominfotik. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Sarana Prasarana Pos Kominfo, Arianto kepada Bontang Post, kemarin (5/4).

Sebelumnya, Diskominfotik sudah merencanakan untuk  memasang akses internet gratis dengan memanfaatkan bandwidth internet yang dimiliki Pemkot Bontang. Namun, terbatasnya kecepatan yang dimiliki menjadi kendala dalam mewujudkan hal tersebut. Apalagi, banyak pegawai di kantor gabungan dinas mengeluh akses internetnya sangat lambat.

“Karena kami hanya punya 60 mbps (megabit perdetik, Red.), sedangkan yang mau gunakan internet ada ribuan pegawai juga, belum yang dialokasikan untuk hotspot (akses internet nirkabel, Red.) gratis,” ujarnya.

Oleh karena itu, dalam rapat antara DPRD Bontang, perusahaan, dan Diskominfotik belum lama ini, diputuskan beberapa perusahaan menyediakan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Diskominfotik. Hal tersebut, lanjut Arianto juga sudah disetujui oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. “Kami mintanya ya hotspot gratis di beberapa taman seperti Taman Adipura, Ruang Terbuka Hijau, tempat-tempat publik, dan beberapa titik di wilayah kota,” katanya.

Sedangkan Diskominfotik melalui anggaran yang sudah tersedia, akan memfokuskan untuk membuat akses internet di kawasan-kawasan pesisir dan susah dijangkau oleh jaringan internet. “Kawasan pesisir tetap menjadi prioritas kami. Agar tidak ada lagi blank spot di Bontang, semua orang dapat mengakses informasi dengan mudah demi mewujudkan smart city,” harap Arianto. (zul)

Bagikan berita ini!

Komentar