oleh

Golkar Belum Respons Gugatan Akom

JAKARTA – Kapasitas Ade Komarudin sebagai salah seorang kader penting di internal Partai Golongan Karya (Golkar) sudah diakui. Namun, pada rezim kepemimpinan Setya Novanto saat ini, tampaknya kualitas Ade tidak terlalu dibutuhkan. Tidak ada reaksi khusus dari partai beringin itu terkait dengan rencana Ade menggugat putusan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Setelah Akom, sapaan akrab Ade Komarudin, menyampaikan rencana mengajukan gugatan ke MKD, Partai Golkar melalui Sekretaris Jenderal Idrus Marham mengadakan konferensi pers di kantor DPP. Idrus menyatakan bahwa Partai Golkar belum memastikan akan mendukung upaya mantan ketua DPR tersebut dalam mengembalikan nama baiknya. ’’Tentu langkah apa pun kita pelajari kebenarannya. Sebab, kita tidak boleh mendukung kader dengan membabi buta,’’ kata Idrus kepada wartawan.

Idrus sebatas mendengar upaya yang bakal dilakukan Akom melalui media massa. Menurut dia, DPP Golkar ingin melihat dulu langkah Akom dalam mengajukan gugatan. Meski selama ini diketahui, putusan MKD mengenai Akom dijatuhkan tanpa pemeriksaan kepada yang bersangkutan. ’’Kalau memang dasar hukumnya jelas, tentu kami berikan dukungan sepenuhnya,’’ ujarnya.

Menurut Idrus, DPP Partai Golkar memiliki Fraksi Partai Golkar sebagai keterwakilan di DPR. Langkah awal saat ini adalah menyerahkan mekanisme itu kepada Fraksi Partai Golkar. ’’Fraksi nanti yang mengomunikasikannya. Yang pasti, apa yang terjadi adalah proses di DPR dan kami serahkan ke DPR,’’ jelasnya.

Meski belum sepenuhnya berkomitmen membantu upaya Akom, Idrus mendukung pernyataan Akom yang ingin tetap loyal sebagai kader Partai Golkar. Idrus menilai, isu yang menyebut bahwa Akom bakal menyeberang ke Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tidak terbukti. ’’Akom ini kader terbaik dan militan. Ditawari apa pun dari partai lain tidak mungkin. Kami tidak pernah khawatir,’’ tegas Idrus.

Bagikan artikel ini

Komentar