Lebaran, Puskesmas Tetap Buka 

41
TETAP BUKA : Puskesmas Bontang Selatan II tetap melayani masyarakat dengan sistem rolling jadwal jaga petugas medis.(ADIEL KUNDHARA/BONTANG POST)

Emergency, Bisa Langsung Dibawa ke Rumah Sakit

BONTANG – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB) tetap melayani masyarakat saat libur Hari Raya Idulfitri nanti. Kebijakan ini dikeluarkan untuk mengakomodir masyarakat yang mengalami masalah dengan kesehatan. Hal ini dipaparkan oleh Kepala Diskes-KB dr. Indriyanti As’ad.

“Puskesmas tidak tutup, tetap ada perawat dan dokter yang jaga, namun untuk pengurusan administrasi terkait permohonan rujukan akan dilayani mulai Kamis (29/6),” paparnya.

Jika terdapat situasi emergency yang memerlukan bantuan segera, pihak Diskes-KB menyarankan untuk langsung membawa pasien ke rumah sakit terdekat. Rumah Sakit Umum Daerah selalu siap 24 jam melayani masyarakat.

“Kondisi terkena kecelakaan dan penderita demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat, bisa langsung dibawa ke RSUD,” tambahnya.

Seperti diketahui bahwa Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 Tahun 2017 tentang cuti bersama tahun 2017 pada Kamis (15/6). Keppres tersebut menetapkan tanggal 23, 27, 28, 29 dan 30 Juni 2017 (Jumat, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat) sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Momen Lebaran kerap digunakan Aperatur Sipil Negara (ASN) untuk pulang kampung ke halamannya. Namun, sejumlah tenaga medis dipersiapkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu kuatir kami menerapkan sistem rolling jaga berkenaan situasi tersebut. Intinya pelayanan kesehatan akan tetap berjalan,” tandasnya. (*/ak)

BAGIKAN

Komentar