Tanjung Limau Usul Kelurahan Baru

190
MANTAPKAN RENCANA: Para anggota panitia pembentukan kelurahan Tanjung Limau berfoto bersama usai kegiatan rapat, Ahad (22/1) kemarin. (LUKMAN/BONTANG POST)

Dukung Pemekaran Wilayah Bontang

BONTANG – Masyarakat Tanjung Limau mengusulkan kembali pembentukan kelurahan baru. Untuk mendukung usulan ini, masyarakat Tanjung Limau melalui Forum Tanjung Limau Bersatu (Fortab) telah membentuk kepanitiaan pembentukan kelurahan baru. Usulan kelurahan baru bernama Kelurahan Tanjung Limau ini menyambut rencana pemekaran wilayah yang akan dilakukan Pemkot Bontang.

Ahad (22/1) pagi kemarin, panitia yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat dan para ketua RT di wilayah Tanjung Limau menggelar rapat pemantapan kepanitian. Dalam rapat yang digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Limau tersebut, diputuskan panitia akan mulai mengumpulkan data-data yang untuk proposal pembentukan kelurahan baru yang akan diberikan kepada Pemkot Bontang.

“Kami akan mulai memperbarui data-data. Khususnya data kependudukan di wilayah Tanjung Limau,” kata Alimuddin, ketua panitia pembentukan kelurahan Tanjung Limau.

Dia menjelaskan, selama ini wilayah Tanjung Limau terpecah dalam dua kelurahan, yaitu kelurahan Gunung Elai dan kelurahan Bontang Baru. Harapannya, dengan pembentukan kelurahan baru, masyarakat Tanjung Limau bisa kembali bersatu dalam satu wilayah tunggal yaitu Kelurahan Tanjung Limau.

“Sebenarnya usulan Kelurahan Tanjung Limau ini sudah ada sejak tahun 2006. Bahkan sudah disampaikan ke DPRD Bontang. Tapi karena waktu itu kondisinya tidak memungkinkan, jadi usulan ini belum bisa diterima,” ungkapnya.

Karena itu, adanya rencana pemekaran wilayah yang akan dilakukan Pemkot Bontang dianggap sebagai momen yang tepat untuk merealisasikan usulan yang tertunda tersebut. Sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Bontang mesti memiliki empat kecamatan untuk bisa memenuhi syarat sebagai kota. Dalam hal ini, Kelurahan Tanjung Limau diwacanakan masuk dalam wilayah Kecamatan Bontang Timur yang akan dibentuk.

“Jadi pembentukan kelurahan Tanjung Limau ini akan sinergi dengan rencana pemekaran wilayah di Bontang. Yaitu Bontang membutuhkan empat kecamatan dan 22 kelurahan. Untuk kecamatan Bontang Timur itu sendiri wacananya sudah ada sejak 2003, Tanjung Limau masuk di dalamnya,” jelas Alimuddin.

Komentar