Januari, Non PNS Diprediksi Belum Gajian

257
Amiluddin (IST)(Dok/Bontang Post)

Prioritaskan Pembayaran Kontraktor, Diminta Bersabar

BONTANG – Disaat PNS lega karena gajinya di bulan Januari sudah cair, kali ini giliran non PNS yang merasa khawatir. Pasalnya, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bontang akan memprioritaskan pembayaran ke kontraktor terlebih dahulu. Sehingga untuk gaji para tenaga non PNS bulan Januari belum dapat dicairkan.

Kepala BPKD Bontang Amiluddin mengatakan, pihaknya telah memprediksikan jika bulan Januari gaji non PNS belum bisa dicairkan. Karena anggaran yang belum ada, juga pihaknya masih menunggu Dana Bagi Hasil (DBH) ditransfer dari pemerintah pusat. “Transferan DBH di triwulan pertama kami belum tahu besarannya berapa,” jelas Amiluddin saat ditemui belum lama ini.

Dikatakan dia, jika memang besarannya melebihi estimasi, maka non PNS pun akan mendapatkan haknya atau gaji bulan Januari. Oleh karenanya, saat ini Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni sedang mengusahakannya. “Paling tidak agar DBH triwulan pertama tidak ditransfer bulan Maret, kalau bisa di bulan Januari ini,” ungkapnya.

Amiluddin menyebut jika memang ditransfer diawal, serta mekanisme pergeseran untuk membayar kontraktor selesai, maka pembayaran ke pihak ketiga akan lebih diutamakan. Setelah semuanya selesai, dia mengatakan, baru akan membayar piutang ke SKPD serta ke para PNS.

Pasalnya, Pemkot Bontang juga masih memiliki kewajiban membayar uang makan serta e-performance para PNS untuk bulan Desember 2016. “Kami tetap akan mendahulukan pembayaran ke kontraktor, jika selesai baru membayar utang ke PNS dan SKPD,” ujarnya.

Dirincikan jika total jumlah piutang Pemkot Bontang senilai Rp 133 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari utang ke kontraktor Rp 118 miliar, pembayaran uang makan PNS bulan Desember 2016 sebesar Rp 4 miliar, e-performance bulan Desember 2016 sebesar Rp 2 miliar lalu sisanya utang ke SKPD. “Jadi untuk pembayaran gaji non PNS bulan Januari tetap belum bisa karena menunggu transferan dana dari pusat serta besarannya,” pungkasnya.(mga)

1
2
BAGIKAN

Komentar