Abdikan Hidup untuk Pendidikan, Pandai Atur Waktu

73
Firmasnyah Usman (Berkacamata)(Ist)

Kisah Inspiratif Warga Bontang : Firmasnyah Usman (142)

Mengajar di tiga sekolah dan tiga perguruan tinggi, dilakoni Firmansyah selama bertahun-tahun. Pandai membagi waktu, kunci dirinya bisa menghendel semua pekerjaanya.

Bambang, Bontang

Pria kelahiran Palembang, 4 Oktober 1966 itu kesehariannnya disibukkan dengan menjadi guru dan dosen. Tak hanya mengajar di satu sekolah dan perguruan tinggi saja, namun Firmansyah mengajar di tiga sekolah dan perguruan tinggi sekaligus.

Alumnus pasca sarjana Universitas Mulawarman itu dalam seminggu mengajar mata pelajaran kewirausahaan di tiga tempat, yaitu di SMK Rigomasi, SMK Bani Abdurrahman, dan SMK Kutim Cemerlang. Malam harinya, dalam seminggu dirinya melanjutkan mengajar sebagai dosen di tiga perguruan tinggi di Bontang.

Ketiganya yaitu Universitas Trunajaya (Unijaya) sebagai dosen tetap sekaligus Pembantu Dekan Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Teknologi Bontang (Stitek) sebagai dosen mata kuliah manajemen umum, dan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syamsul Ma’arif (Stit Syam) sebagai dosen mata kuliah profesi keguruan.

Kata dia, kunci menjalani aktivitas yang padat tersebut haruslah dibawa dengan perasaan senang dan enjoy. Bila tidak begitu, tentu akan sulit untuk menjalankannya. Bagi dia, lelah itu biasa, namun jika semua aktivitas mengajar itu memang dilaksanakan dari hati, rasa lelah tentu akan terkalahkan dengan semangat yang tinggi. “Kalau tidak mengajar justru saya seperti kesepian rasanya,” tutur Firman, panggilan akrabnya.

Kunci lainnya yang tak kalah penting kata dia, harus bisa membagi waktu antar satu sekolah dengan sekolah lain maupun antara satu kampus dengan kampus lainnya. Menjalin komunikasi, menjadi hal yang harus dia lakukan agar jam mengajarnya tidak berbentrokan dengan jam mengajar di tempat lainnya. “Kadang ketika ada panggilan dinas mendadak, ini yang menjadi hambatan. Otomatis harus izin ke sekolah atau kampus yang lain,” ucapnya.

1
2
BAGIKAN

Komentar