Mau Tidur Nyenyak dalam 5 Menit, Ini Tipsnya

79
ILUSTRASI

Tidur merupakan aktivitas yang cukup penting bagi tubuh. Sebab tanpa tidur, Anda akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan.

Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga sekali, khusunya bagi mereka yang mengalami insmonia.

Lantas bagaimana cara mengatasi sulit tidur?

Untuk menghilangkan susah tidur sebenarnya sangatlah mudah, tanpa bantuan obat tidur pun Anda bisa mengatasi masalah tersebut.

Berikut beberapa cara mengatasi susah tidur malam yang cukup mudah dan efektif, seperti dilansir laman Byrdie, Kamis (19/1).

1. Hindari rangsangan negatif.

Kunci untuk tidur nyenyak adalah dengan menciptakan keseimbangan dan keharmonisan dalam rumah, tubuh dan pikiran Anda serta menghindari rangsangan negatif seperti menonton TV berlebihan atau bergosip.

Beberapa jam sebelum tidur harus difokuskan pada semangat dan energi yang positif, Jika tidak, otak akan dibanjiri dengan energi negatif yang membuat Anda sulit tidur.

2. Membersihkan kamar tidur.

Lingkungan berantakan juga bisa membuat Anda terjaga. Jika Anda ingin tertidur dengan cepat, pastikan kamar tidur bersih, rapi, sejuk dan gelap.

Kegelapan mendorong zat kimia otak yang disebut melatonin mempromosikan tidur.

3. Keluarkan kata insomnia dari pikiran Anda.

Berikut trik mental sederhana yang pasti akan membantu Anda tertidur lebih cepat. Hentikan menggunakan ‘i’ seperti insomnia.

4. Hindari konsumsi alkohol, nikotin, kafein dan gula halus sebelum tidur.

Ini adalah daftar makanan yang harus Anda hindari di malam hari jika Anda ingin jatuh tertidur dengan cepat. Efek kafein bisa berlangsung selama beberapa jam, sehingga kemungkinan hal tersebut akan memengaruhi waktu tidur Anda yang signifikan.

Nikotin dan gula juga bisa memiliki efek yang sama. Gula halus bisa mengakibatkan lonjalakan insulin yang akan membangunkan atau mencegah Anda tertidur.
Alkohol awalnya akan memiliki efek penenang, tetapi selanjutnya bisa menyebabkan Anda kesulitan tidur.

1
2
BAGIKAN