Proses Pergeseran Anggaran Dikebut

337
Amiluddin (IST)(Dok/Bontang Post)

 

Setelah Perwali Terbit, BPKD Yakinkan Dibayar setelah Dana Tersedia

BONTANG – Pemkot Bontang berupaya mempercepat proses pergeseran anggaran mendahalui APBD Perubahan 2017. Minggu keempat bulan Januari 2017 ditargetkan proses dan mekanisme pergeseran selesai.

Saat ini, proses pergeseran sudah hampir final. Jika selesai semua, Peraturan Wali Kota (Perwali) Pergeseran Mendahului Perubahan akan diterbitkan.

Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bontang juga akan segera mengecek kondisi keuangan. Setelah dana tersedia, maka piutang Pemkot Bontang kepada pihak ketiga dalam hal ini rekanan kontraktor akan dibayarkan. “Proses pergeseran sudah hampir selesai, mudah-mudahan bisa cepat,” jelas Kepala BPKD Bontang, Amiluddin saat ditemui di ruangannya, Jumat (20/1) kemarin.

Dikatakan dia, hari Senin (23/1) dan Selasa (24/1) minggu depan merupakan jadwal asistensi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk sama-sama melakukan pergeseran. Jika prosesnya selesai selama 2 hari, maka akan dilanjutkan mempersiapkan Perwali pada hari Rabu (25/1). “Target kami minggu depan semua prosesnya rampung,” ujarnya.

Setelah Perwali dibuat, tentu harus dibawa ke Gubernur Provinsi Kaltim terlebih dahulu. Jika disetujui dan terbit, maka BPKD tinggal melihat kondisi keuangan daerah. “Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan bersama dapat segera ditansfer dari pemerintah pusat, yakni Dana Bagi Hasil (DBH) untuk triwulan pertama di tahun 2017 ini,” ungkapnya.

Sebab, dikatakannya, Pemkot Bontang akan mengutamakan pembayaran ke pihak ketiga jika pemerintah pusat mentransfer DBH lebih awal.

Diakui Amiluddin saat ini sudah jarang para kontraktor bertanya. Artinya, kata dia, kontraktor sudah dapat memahami dan memberikan kesempatan pemerintah bekerja. “Kami berterima kasih atas pengertiannya, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada dananya, karena kami memang memprioritaskan pembayaran ke kontraktor,” pungkasnya. (mga)

1
2
BAGIKAN