Hadiri Rapurna TMMD ke 37, Basri Ajak Warga-Pemda Saling Mendukung 

81
DUKUNG TMMD: Wali Kota Bontang Basri Rase dan Dandim 0908 BTG Kol.inf Rio Akmal Syahbana berfoto bersama Mayor Jenderal TNI Johny Lumban Tobing (tengah).HUMAS

 

BONTANG – Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase menghadiri Rapurna TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 37 TA 2016 di Mabes TNI GOR Ahmad Yani Cilangkap Jakarta Timur, Jumat (20/1). Rapurna dibuka secara resmi Panglima Jendral TNI Gatot Nurmantyo.

Pembukaan dihadiri sejumlah menteri, pejabat daerah, pangkostrad, kasum TNI, Kapolri, panglima TNI, kasad, kasau, kasal,wakasad, irjend TNI, Pangdam, Danrem, Dandim  dan  Bupati / Walikota.

Dalam laporan  Kasad  Jendral TNI Mulyono  PJO TMMD melaporkan, dalam pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan TMMD tahun anggaran  2016, bahwa pekerjaan sasaran fisik yang telah dilaksanakan meliputi sektor ekonomi pertanian penunjang kesejahteraan keluarga, hingga fasilitas umum dan sosial dapat diselesaikan hingga 100 persen.

“Secara umum pelaksanaan kegiatan fisik TMMD 96 dan 97 tahun anggaran 2016 berjalan dengan baik. Namun masih ditemukan adanya berbagai hambatan yang perlu mendapat perhatian bersama. Diantaranya cuaca kadangkala sangat flukuatif dan kadangkala sangat ekstrim, berbagai tempat Sarana transportasi yang terbatas dan mobilisasi peralatan ke daerah sasaran,” katanya.

Dalam sambutannya  Panglima Jendral TNI Gatot Nurmantyo  menyampaikan, kehadiran program TMMD bukan sekedar realisasi program fisik, tetapi yang lebih penting yaitu membangun semangat gotong royong, meningkatkan kepedulian sosial dan semangat kebersamaan membangun desa sebagai basis ketahanan wilayah menuju ketahanan nasional.

“Kita perlu terus membangun komunikasi sosial dengan masyarakat desa, agar pembangunan di desa dapat terlaksana dengan cepat sesuai harapan rakyat selama TMMD. Para prajurit saya perintahkan tidur di rumah penduduk, kemudian uang lauk pauk dimasak dimakan bersama-sama penduduk dimana prajurit itu tinggal,” katanya.

Dari situ diharapkan terjaring kekeluargaan dan persaudaraan dengan masyarakat. Dia berharap kegiatan TMMD tahun 2017 ditingkatkan menjadi 3 kali setahun, dimana sebelumnya hanya dua kali dalam setahun.

1
2
BAGIKAN