RSUD Kudungga Segera Disetrum PLN 

51
(Dok/Radar Kutim)

 

Minimalisir Kerusakan Alkes, Maksimalkan Pelayanan

SANGATTA – Keinginan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga di Jalan Soekarno Hatta mendapat pasokan listrik dari PLN bakal segera terwujud. Pasalnya, PLN telah menyatakan kesiapannya untuk melayani kebutuhan listrik rumah sakit pelat merah tersebut tahun ini. Dengan demikian diyakini pelayanan kesehatan terhadap masyarakat pun akan dapat lebih dimaksimalkan.

Direktur RSUD Kudungga Sangatta, dokter (dr)  Anik Istiyandari mengakui, sebagai langkah awal tahun ini PLN akan memasang gardu induk disekitar lingkungan RSUD Kudungga. Pemasangannya pun dianggarkan melalui anggaran Pemkab Kutim.

“Jadi bukan dari anggaran RSUD Kudungga. Mekanismenya sama seperti pengadaan genset beserta bahan bakar dan perawatannya,” ucap Anik.

Dia yakin, dengan masuknya pasokan listrik dari PLN, tentu akan sangat membantu kinerja dan pelayanan RSUD Kudungga kepada masyarakat. Sebab, karena hanya menggunakan mesin Generator Set (genset) untuk suplay pasokan listrik, membuat banyak permasalahan yang dihadapi managemen rumah sakit.

“Pernah saat dilakukan operasi terhadap pasien, tiba-tiba mati lampu karena genset mengalami gangguan. Syukurnya tidak berakibat fatal. Nah, kalau sudah dilayani PLN tentu hal sepeti itu bisa dicegah,” akunya.

Selain itu, lanjut Anik, karena hanya menggunakan genset, kapasitas listrik di RSUD Kudungga juga sangat terbatas. Sehingga, banyak ruangan yang sudah siap ditempati untuk melayani pasien tidak dapat digunakan. Sementara, kondisi arus listrik Genset yang tidak stabil juga kerap merusak beberapa alat kesehatan (Alkes) di RSUD.

“Makanya kami harap pasokan listrik PLN segera masuk. Supaya pelayanan bisa lebih dimaksimalkan,” kata Anik. (aj)

BAGIKAN