Meraih Kebahagiaan Hakiki

26
Oleh: Wahyudi,PdAktivis HTI Bontang

 

Assalam alaikum wr wb.

Segala puji bagi Allah, Dzat yang penuh kasih sayang kepada hamba-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada utusan-Nya, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta keluarga, para sahabat, dan umatnya yang ta’at mengikuti sunnah-sunnahnya. Kaum muslimin yang dirahmati oleh Allah.

Setiap manusia ingin menggapai kebahagiaan hidup. Apakah mereka laki-laki ataupun perempuan. Muda ataupun sudah tua, muslim ataupun non muslim, semuanya ingin bahagia. Merupakan naluri setiap manusia, bahwa mereka ingin bahagia. Namun, akan berbeda jawaban, jika masing-masing manusia ditanya tentang makna kebahagiaan itu sendiri, begitu pula dengan bagaimana cara meraihnya.

Ada yang mengatakan, bahagia itu ketika kita memiliki harta yang banyak, gaji tinggi, jabatan yang bergengsi atau popularitas. Namun seringkali orang yang memiliki harta, gaji tinggi, jabatan dan popularitas tapi kehidupannya tidak mendapatkan kebahagiaan yang hakiki. Justru yang ada malah stress, depresi, dan diliputi kegelisahan. Lalu, seperti apa kebahagiaan hakiki itu dan bagaimana meraihnya?

Islam sebagai agama yang sempurna memberikan pandangan tentang makna kebahagiaan dan cara meraihnya. Bagi seorang muslim kebahagiaan akan hadir jika selalu dalam ridho Allah SWT, dan satu-satunya jalan untuk meraihnya adalah terikat  dengan perintahNya dan menjauhi laranganNya dalam beramal.

Jika seseorang memiliki harta yang kurang tetapi karena diperoleh dengan cara yang sesuai dengan aturanNya, maka ia akan tetap bersyukur dan bahagia. Begitupun dalam kondisi yang lain. Jadi, agar kita bisa mendapatkan kebahagian yang hakiki, seorang muslim harus mengetahui perintah dan larangan Allah Swt dan berusaha untuk meraih ridho Allah SWT. Allah SWT berfirman;

Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia shalat. Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi. Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal(QS al-A’la [87]: 14-17).

1
2
3
BAGIKAN