Jadwal Pelantikan Kades Terpilih Belum Jelas 

126
 Muhammad Rusdy (Dok/Radar Kutim)

 

SANGATTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kutai Timur (Kutim) mengaku jika pihaknya belum bisa menentukan jadwal pasti Pelantikan Kepala Desa Terpilih pada 20 Desember 2016 lalu. Baik tanggal, bulan dan tempat lokasi pelantikan. Karenanya, Senin (23/1) ini pihaknya akan menghadap Bupati Kutim untuk membicarakan hal tersebut.

“Senin kami akan menghadap ke Bupati untuk membicarakan masalah pelantikan,” ujar Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Muhammad Rusdy.

Namun menurut jadwal yang sudah ditentukan, pelantikan akan digelar 74 hari setelah Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 20 Desember lalu. Artinya, berada di bulan Februari akhir atau awal Maret 2017. Akan tetapi, jadwal tersebut berpotensi molor. Pasalnya, hingga saat ini, masih banyak Kades terpilih yang belum memiliki baju pelantikan. Disebabkan pengukuran baju lengkapnya belum rampung secara keseluruhan.

“Kalau jadwalnya, 74 hari setelah tanggal 20 Desember 2016. Tetapi kami gak tau juga, karena masih banyak belum jadi bajunya. Walaupun sudah ada juga yang jadi sebagian,” katanya.

Dalam pertemuan dengan Bupati nantinya, tidak hanya membicarakan jadwal pelantikan saja, akan tetapi lokasi pelantikan. Apakah dilaksanakan di Kabupaten atau dikecamatan secara serentak atau tidak. Karena besar kemungkinan, pelantikan akan dilaksanaka di kecamatan bukan di kabupaten.

Hal ini dilakukan dengan harapan, pelantikan tersebut dilaksanakan secara sederhana dan Kades yang dilantik menikmati secara langsung desa yang akan dipimpinnya nanti. “Makanya, ini semua akan kami bicarakan kepastiannya. Kalau mengenai baju sudah dipastikan  sepasang putih-putih,” katanya.

Untuk diketahui, sesuai dengan hasil pleno, pemerintah memutuskan jika hasil Pilkades serentak tersebut sudah final dan mengikat. Adapun gugatan yang dilayangkan calon kades lainnya, tidak mempengaruhi sedikitpun jadwal pelantikan kades terpilih. (dy)

1
2
BAGIKAN