Pengunjung Perpustakaan Naik, Tercatat 55.566 Kunjungan Selama 2016

497
BANYAK PEMINAT: Suasana Perpustakaan Umum Daerah Kota Bontang. Jumlah pengunjung perpustakaan mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. (LUKMAN/BONTANG POST)

 

 

BONTANG – Minat masyarakat Kota Taman mengunjungi Perpustakaan Umum Daerah Kota Bontang terbilang tinggi. Tercatat sepanjang 2016 silam, ada 55.566 kunjungan ke perpustakaan yang beralamat di Jalan HM Ardans tersebut. Angka ini mengalami peningkatan signifikan bila dibandingkan jumlah kunjungan di tahun 2015 sebelumnya yaitu 37.017 kunjungan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bontang Dobi Rizami mengungkapkan, para pengunjung perpustakaan tersebut berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari murid PAUD, TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa, guru, dosen, pegawai, hingga masyarakat umum. Dari tahun ke tahun, jumlah kunjungan ke perpustakaan bertambah secara signifikan (selengkapnya lihat grafis).

“Ada tren di masyarakat untuk meningkatkan sumber daya masing-masing dengan membaca buku-buku. Dengan tantangan persaingan dunia kerja saat ini yang semakin ketat, tuntutan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan yang dimiliki pun semakin tinggi. Sehingga banyak warga Bontang yang berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku-buku yang dibutuhkan,” urai Dobi saat ditemui Bontang Post, Rabu (18/1) kemarin.

Selain itu, meningkatnya jumlah kunjungan ke perpustakaan bisa juga disebabkan faktor-faktor lainnya. Salah satunya yaitu adanya penambahan sarana dan prasarana yang mendukung di perpustakaan. Sehingga ada lebih banyak pilihan buku cetak yang bisa dibaca masyarakat. Kata dia, saat ini Perpustakaan Daerah Kota Bontang memiliki sekitar 33 ribu judul buku dengan total buku yang dimiliki mencapai 100 ribu eksemplar.

“Di luar buku cetak, kami juga memiliki buku elektronik atau e-book. Saat ini kami sedang merencanakan perpustakaan digital yang terkoneksi dengan e-kaltim. Tentunya akan semakin memperkaya jumlah pustaka yang dimiliki perpustakaan,” ujarnya.

Kunjungan di perpustakaan tersebut ditambahkan Dobi, juga dikarenakan adanya fitur jaringan wifi gratis, serta kunjungan mahasiswa yang mencari referensi untuk menyusun skripsi. Karena memang di perpustakaan terdapat buku-buku dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari pertanian, peternakan, teknologi informasi, ekonomi, bisnis, hukum, industri, hingga fiksi.

1
2
BAGIKAN