Menikmati Diskriminasi di Arab Saudi

95
CATATAN: Rachman Wahid Redaktur Bontang Post

Rasisme telah menjadi faktor pendorong diskriminasi. Rasisme adalah sebuah gagasan yang diciptakan manusia atau oknum untuk membedakan-bedakan orang dilihat dari warna kulit, suku, hingga negara. Biasanya rasisme selalu lekat dengan superioritas dari kelompok tertentu. Mereka bisa melakukan apa saja karena merasa lebih unggul. Akhirnya, hak-hak dari orang yang berbeda itu  justru dilanggar.

Rasisme sudah ada di dunia ini sejak lama. Bahkan telah mengakar dengan sangat kuat. Hampir di setiap negara, kasus-kasus rasisme selalu muncul dan membuat adanya kesenjangan sosial. Berbicara diskriminasi akibat rasisme, saya pernah merasakannya. Bahkan saya merasakannya di tempat yang saya sendiri tak menduga, Arab Saudi.

Mendengar Arab Saudi, terlebih dua kota suci Madinah dan Mekkah, membuat saya berfikir ini kota yang sangat indah dan ramah untuk “para tamu”yang akan menjalankan ibadah. Saya membayangkan di dua kota ini akan sangat banyak orang-orang ramah untuk memperlancar kami beribadah. Dan ya, memang banyak orang ramah di sana.

Saya punya pengalaman menarik dan bisa diambil pelajarannya selama menjalani Ibadah Umrah. Saya berangkat menuju Arab Saudi  akhir 2016 lalu dan pulang lima hari yang lalu.

Kejadiannya justru bermula pada satu hari sebelum saya bertolak pulang ke tanah air, di Kota Mekkah.

Belum terbiasa terpapar udara dan makanan yang berbeda dari Indonesia, rupanya membuat anak saya sakit. Anak yang baru berumur dua tahun ini tak mau makan dan muntah hingga 10 kali, mulai pagi sampai sore hari. Bisa dibayangkan betapa lemasnya tubuh kita orang dewasa, jika muntah sebanyak itu dalam sehari, apalagi anak kecil.

Jelang masuk waktu Magrib kondisi kesehatan anak saya semakin parah, saya terpaksa harus membawa anak saya ke UGD yang terletak di bawah hotel, di Komplek Masjidil Haram.  Sampai di sana, kami disarankan menuju Maternity and Children Hospital. Untuk menembus udara malam yang dingin, ditemani pemandu, kami memutuskan untuk menaiki taksi.

1
2
3
4
BAGIKAN