Calhaj Kutim Diprediksi Meningkat Jadi 200 Orang

40
Ambotang, Kepala Kemenag Kutim. (Dhedy/Radar Kutim)

SANGATTA – Pada tahun 2017 ini, pemerintah Arab Saudi akhirnya mengumumkan jika kuota haji bagi warga muslim Indonesia mengalami kenaikan.  Sebelumnya hanya 168 ribu orang, kini menjadi 221 ribu. Dengan begitu, kemungkinan besar Kutai Timur (Kutim) juga mendapatkan jatah tambahan kuota haji. Ditaksir, mengalami kenaikan hingga 200 orang yang sebelumnya hanya 133 orang.

“Pasti dapat semua. Pasti dibagi rata. Paling tidak kuota kita bisa menjadi 200 orang yang sebelumnya hanya 133 orang,” ujar Kepala Kementerian Agama Kutim, Ambotang.

Meskipun begitu, mantan Kemenag Berau itu belum berani mensosialisasikannya kabar gembira kepada masyarakat. Pasalnya, hingga saat ini, Kemenag Kutim belum mendapatkan imbauan baik secara lisan maupun tulisan dari Kemenag Pusat terkait adanya penambahan kuota haji. “Kami baru dengar dari berita saja. Surat resmi kelum ada kami terima. Jadi, belum bisa pastikan juga untuk kuota Kutim. Makanya kami enggak sosialisasika dulu,” katanya.

Fokus saat ini ialah melakukan pemanggilan kepada semua calon haji yang berjumlah 133 orang untuk dapat melengkapi berkas keberangkatan. Karena, dari 133 calon tersebut, baru setengahnya saja yang sudah melengkapi berkas. Selebihnya masih perlu penyempurnaan. Hal ini didesak lantaran, keberangkatan calon jamaah haji tahun ini akan lebih cepat dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.

“Kalau 2016 lalu, berangkat Agustus. Sekarang ditaksir lebih cepat yakni bulan Juli 2017. Makanya, 133 orang ini akan kita panggil semua untuk melihat penyempurnaan berkasnya. Kalau yang sudah, Alhamdulillah, yang belum diminta untuk melengkapi,” pintanya.

Jika memang ada penambahan, maka pihaknya langsung mengambil sesuai dengan antrean. Atau, melaksanakan kebijakan mendahulukan yang belum malaksanakan haji dan calon yang sudah berumur. “Kita berdoa saja. Kalau dapat 200 orang, maka antrean haji tidak lagi harus menunggu sampai 20 tahun, tetapi tinggal 15 tahun saja lagi,” katanya. (dy)

1
2
BAGIKAN