Cegah Banjir, Warga RT 14 Kompak Kerja Bakti

33
KOMPAK CEGAH BANJIR: Terlihat warga sedang kerja bakti membuang tanah, yang menjadi penyumbat saluran parit hingga menyebabkan banjir di beberapa rumah di RT 14 Kelurahan Tanjung laut Indah. (VERI SAKAL/BONTANG POST )

BONTANG – Permasalahan parit di RT 14 Kelurahan Tanjung Laut Indah sudah lama menjadi momok bagi warga. Diakibatkan  saluran parit yang dipenuhi sampah dan tanah. Beberapa rumah sering terendam air ketika hujan deras turun.

Masnah, Ketua RT 14 yang baru saja terpilih, bersama warga kompak melaksanakan kegiatan  kerja bakti dengan bersih-bersih sampah di saluran parit, di Jalan Pelabuhan 3, Minggu (15/1) kemarin.

Masnah menjelaskan, bukan hanya warga, rumahnya pun ketika hujan deras turun, turut pula digenangi air yang berasal dari luapan parit. Melihat hal itu, Minggu lalu Ia menyurat ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk meminta bantuan dalam membersihkan sampah-sampah di saluran parit tersebut.

“Kemarin (Minggu lalu, Red) sudah dibantu DLH, sekarang giliran warga lagi yang membersihkannya,” ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini akan terus dilakukan setiap hari  Minggu di bulan ini. Bahkan di hari Minggu depan nanti, ia pun akan menyurat ke perusahaan yang beroperasi di wilayahnya. Dengan meminta bantuan alat berat guna mengeruk sampah ataupun tanah yang berada disaluran parit tersebut, agar aliran parit bisa menjadi lancar.

“Walau perairan saluran parit sudah lancar, bersama warga, kami  tetap rutin mengadakan kegiatan kerja bakti ini. Sebab kegiatan ini mempunyai manfaat, selain membuat  lingkungan  bersih, hubungan silaturahmi antar warga bisa terjalin sangat baik lewat kegiatan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga RT 14, Abdul kadir mengatakan, ia sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Menurutnya, dengan kegiatan ini lingkungan pastinya menjadi bersih, bila bersih  tentunya akan menjadi sehat.

“Saya juga berharap dinas terkait dapat bersinergi dengan kegiatan seperti ini, dengan menurunkan armada pengangkut sampahnya. Demi terciptanya misi Pemkot Bontang, yakni green city,” paparnya. (ver)