Mencatut Nama Dispenda Kutim, Jukir PIS Diciduk Tim Saber Pungli

66
Foto Wajah: Kasat Reskrim AKP Andika Dharma Sena.(Foto: Dok Radar Kutim)

 

SANGATTA – Sebanyak enam orang oknum juru parkir (Jukir) Pasar Induk Sangatta (PIS) di Jalan Ilham Maulana diciduk Tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli), Jumat (13/1) pukul 10.00 Wita lalu. Mereka dibekuk karena diduga melakukan menarik karcis tanpa didasari aturan yang legal terhadap kendaraan para pengunjung PIS.

Mereka adalah S (46) warga Gang Damai 8, B (44) Jalan Ilham Maulana, Yh (35) warga Gang Beringin, Pw (30) warga Gang Rejeki 4, S (25) warga Tanjung Hulu, RT 019, Desa Singa Geweh, dan HS (32) warga Gang Nusantara 1, RT 09, Sangatta Utara.

Dari tanggan mereka, Tm Saber Pungli menyita sejumlah barang bukti, antara lain empat bendel buku karcis yang berlogokan dan berstempelkan Dinas Pendapatan Asli Daerah (Dispenda) Kutim, satu buah peluit, dan uang tunai sebesar Rp 138 ribu hasil penarikan karcis.

Informasi dihimpun, operasi tangkap tanggan (OTT) tersebut berawal dari laporan masyarakat di media sosial dan secara lisan, yang merasa resah dan tidak terima dengan adanya penarikan karcis oleh sejumlah Jukir di PIS.

Apalagi dibeberapa pemberitaan, Pemerintah Kutim melalui Dispenda Kutim telah meminta pihak terkait untuk tidak melakukan penarikan pungutan apapun sejak, Kamis (12/1) lalu. Namun ternyata peringatan tersebut tidak indahkan, sehingga tindakan tersebut sebagai pungli.

Dari laporan tersebut, tim Saber Pungli dibantu Unit Opsnal Satreskrim Polres Kutim kemudian mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan enam orang petugas parkir PIS. Tindakan itu diambil dikarenakan keenam orang tersebut tidak dapat menunjukkan legalitas kegiatan mereka.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, keenam orang tersebut kemudian digelandang ke Mapolres Kutim untuk menjalani pemeriksaan dan dimintai keterangan oleh penyidik. Dan perkara tersebut dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Kutim AKP Andika Dharma Sena dikonfirmasi, Sabtu (14/1) kemarin.

1
2
BAGIKAN